Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346Keywords:
Matematika, Barang Bekas, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui kegunaan barang bekas yang bisa di manfaatkan untuk di jadikan media pembelajaran kreatif, dan untuk mengetahui kelebhan dan kekurangan dalam mengggunakan media dari Barang bekas, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan kreativitas guru. Dalam penelitian ini, barang bekas yang di gunakan adalah kardus, tutup botol, kertas dan plastik bekas. Media pembelajaran mempunyai peranan yang begitu penting. Dengan media pembelajaran guru dapat menggunakannya menjadi alat bantu untuk memberikan materi pembelajaran. Pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pengurangan dan perkalian pada siswa kelas II MI Ihyaul Islam 1 membutuhkan adanya media pembelajaran. Sehingga dengan penggunaan media, siswa mampu memahami dan menghitung ketika dua bilangan bersusun. Penggunaan media Caseme P3 terbuat dari barang bekas yang tidak di pakai seperti kardus, tutup botol kertas dan plastik dapat meningkatkan kreativitas pada siswa. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ihyaul Islam 1 Kelas II Desa Puspan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo pada 11 Januari tahun pelajaran 2022/2023 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peenggunan media Caseme P3 dengan menggunakan barang bekas siswa dapat menguasai materi pembelajaran yang di berikan tenaga pendidik serta mampu meningkatkan minat belajar. selain itu media pembelajaran tersebut mengurangi sampah yang ada di sekitar lingkungan.
Downloads
References
Agustina, S., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain dengan barang bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24-33.
Agustina, S., Nasirun, M., & Delrefi. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33.
Al Masjid, A., Wardani, K., &Marwanti, E. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika –Cakimukapati (Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga). Abdimas Dewantara, 2(2), 142-148.
Dimyati, dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215-225.
Herawati, N. I. (2016). Pendidikan inklusif. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).
Humairah, H. (2018). Mengidentifikasi Penggunaan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Siswa Di SMP Islam Hasanuddin Dau-Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 141–148.
Humairah, Khamidah, Z., Rismawanda, R., Saud, A. S., & Mubarok. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU?: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487.
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.
Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books.
Nuwairah, N., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Pemanfaatan barang bekas dalam pembuatan alat peraga dengan menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol, 2(2).
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.
Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar.
Urwatun, N. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar (APE) untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1.
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ulfatur Rizko, Muhammad Hifdil Islam, Choerul Anwar Badruttamam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.