Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Literasi Qur’an Pada Materi Tata Surya Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.278Keywords:
Pop-Up Book, Tata Surya, Berbasis Literasi Qur’anAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis literasi Qur’an pada materi tata surya, (2) Untuk mengetahui bagaimanakah kelayakan media pembelajaran pop-up book berbasis literasi Qur’an pada materi tata surya, (3) Untuk mengetahui bagaimanakah respon siswa terhadap media pembelajaran pop-up book berbasis literasi Qur’an pada materi tata surya. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dari Robert Maribe Branch yang mempunyai lima tahap namun peneliti membatasi penelitian dilakukan hanya pada tahap ketiga yaitu pengembangan, karena keterbatasan baik materi maupun waktu. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1) Guru membutuhkan media pembelajaran yang praktis, menarik, serta mudah dipahami, 2) Bentuk pengembangan media pembeajaran berupa “Pop-Up Book” melalui studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk, 3) Hasil dari uji validasi media “Pop-Up Book” ini diuji berdasarkan : a) penilaian ahli materi dinilai berdasarkan relevansi media dengan mendapatkan skor presentasi 86,10% atau termasuk “sangat layak” untuk digunakan, b) penilaian ahli media dinilai dari beberapa aspek dengan mendapatkan skor presentasi 81,24% termasuk “sangat layak” untuk digunakan, Uji coba produk dilaksanakan dengan 2 uji coba yaitu: a) uji kelompok kecil mendapat skor 53,75%, b) uji coba lapangan mendapat skor 57,42% yang menyatakan bahwa produk mendapatkan respon positif dari siswa.
Downloads
References
Abdullah, R. (2015). Benarkan Matahari Mengelilingi Bumi? erlangga.
Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.114
Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41.
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & M, D. B. I. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Cahyani, A. N. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pop up Book pada Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa SMPLB-B (Tunarungu) Kelas VIII.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Grava Media.
Depag. (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
Devi, Anggit Shita, dan S. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3.
Dewanti, H. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP, 1(3), 222.
Dzuanda. (2011). Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series Gatotkaca. Jurnal Library ITS Undergraduate.
Jamarudin, A. (2010). Konsep Alam Semesta Menurut Al-Qur’an”,. Jurnal Ushuluddin, Volum XVI(Number 2), 139–140.
Khairurrijal, A. (2016). Analisis Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 7.
Mahadewi, L. P. P. (2014). Problematika Teknologi Pendidikan. Graha Ilmu.
Masturah, E. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 9(2), 216.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Pembelajaran Tematik IV, 20, 63–76.
Muktiono, J. (2003). Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. PT. Elex Media Komputindo.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Referensi.
RI, D. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahan. Diponegoro.
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Rajawali Pers.
Rukmanah, R., Suhartono, S. and Supangat, S. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Value Clarification terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pembelajaran Iman kepada Kitab-Kitab Allah SWT. Al-I’tibar?: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 101–1.
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian. Lentera Hati.
Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.