Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • Karmila Rianda STAI Al-Hamidiyah Jakarta, Depok, Indonesia
  • Siskha Putri Sayekti STAI Al-Hamidiyah Jakarta, Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.526

Keywords:

Fiqih, Psikomotorik, Metode Proyek

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode berbasis proyek digunakan oleh penulis sebagai model pembelajaran yang kooperatif dan dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa, dengan tujuan memfasilitasi proses berpikir yang bebas dan kreatif. Melalui partisipasi siswa, penelitian ini bertujuan untuk membantu mereka memahami realitas kehidupan dari tingkat konkret hingga abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai strategi yang efektif dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada setiap mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus PTK yang melibatkan siswa sebagai partisipan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dalam pendekatan pembelajaran berbasis proyek, fokus diberikan pada penerapan konsep-konsep Fiqih melalui proyek nyata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan psikomotorik siswa setelah melalui beberapa siklus PTK. Dalam siklus 1 pertemuan ke-1 dan siklus 1 pertemuan ke-2 mengalami keningkatan keterampilan psikomotorik sebanyak 30%, dan pada siklus 2 pertemuan ke 2 mengalamu kenaikan keterampilan psikomotorik sebanyak 90%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis proyek ini berhasil dan dapat terlihat pada kenaikan siklus 1 dan siklus 2 mengalami kenaikan keterampilan psikomotorik siswa sebanyak 25%. Temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada metode PTK sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, M., Elynawati, E., Alfatchussadiqin, A., & Maulana, A. (2022). Implementation of Library Management in Improving Excellent Service in Vocational High Schools. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2342

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Uny , Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 (p. 260). Bumi Aksara.

Chen, C.-H., & Yang, Y.-C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71–81. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Pendagogis. In CV Kaaffah Learning Center.

Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1).

Islami, N. Al, Hasanuddin, H., & Yunus, S. R. (2020). Implementasi Penggunaan Alat Peraga Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ix Di Smp Negeri 2 Marioriwawo. Jurnal IPA Terpadu, 3(2). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12405

MacLeod, M., & van der Veen, J. T. (2020). Scaffolding interdisciplinary project-based learning: A case study. European Journal of Engineering Education, 45(3), 363–377. https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1646210

Mohzana, M., Masita, M., Adnan, M., Murcahyanto, H., & Kulsum, U. (2023). Madrasah Principal’s Strategy in Improving Student Recruitment Results at State Aliyah Madrasas. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), Art. 3. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i3.425

Nur Anita, Azis, St. A., & Buhaerah. (2019). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1). https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i1.985

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Putri Sarwendah, A., & Hermanto, H. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1). https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.47299

Reay, D. S. (2009). Inconspicuous consumption. New Scientist, 204(2736). https://doi.org/10.1016/S0262-4079(09)63143-2

RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Saselah, Y. R. (2021). Pengembangan Media Pugar Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi Chemo-Enterpreneurship (Cep) Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2). https://doi.org/10.47239/jgdd.v4i2.317

Suripta, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.39

Sutikno, M. S. (2012). Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul (Tinjauan Uum dan Islam). Cetakan Pertama (Lombok: Holistica, 2012).

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.3

Zaini, M., Barnoto, B., & Ashari, A. (2023). Improving Teacher Performance and Education Quality through Madrasah Principal Leadership. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i2.23

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Rianda, K., & Sayekti, S. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 214–223. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.526