Strategi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Madrasah Bertaraf Internasional

Authors

  • Muhammad Arifin Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Ari Kartiko Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Pacet Mojokerto Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.396

Keywords:

Multikultural, Strategi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidikan agama islam berbasis multicultural yang dilaksanakan di MBI Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Indonesia adalah Negara yang majemuk dengan segala perbedaannya sehingga disebut dengan Negara yang multicultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian secara terperinci. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan bahasa pemersatu, memasukkan nilai multicultural dalam pembelajaran serta menyusun tata tertib yang dapat menerapkan nilai multicultural yang telah didapat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Muh. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3

Anitah, Sri., & Dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Anwar, Y. Prafita. (2018). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGRI 1 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH (Issue 21). UIN Raden Intan.

Aprilianto, A., Rofiq, M. H., Sirojuddin, A., Muchtar, N. E. P., & Mumtahana, L. (2023). Learning Plan of Moderate Islamic Religious Education in Higher Education. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/almada.v6i1.2792

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Ed. Rev 20). Rineka Cipta.

Burhanuddin, H. (2014). Rekonstruksi Sistem Pembelajaran. Muaddib, 04(02), 71–92.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fitrah, Muhammad., & Lutfiyah. (2017). Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas dan Studi Kasus. CV Jejak.

Halim, A. (2022a). Sikap Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), Art. 1.

Halim, A. (2022b). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 2(1), Art. 1.

Hanson, W. E., Plano Clark, V. L., Petska, K. S., Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2005). Mixed methods research designs in counseling psychology. Journal of Counseling Psychology, 52(2), 224–235. https://doi.org/10.1037/0022-0167.52.2.224

Herdiansyah, H. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Cet. 2). Erlangga.

Ikhsan, M. H., & Giwangsa, S. F. (2019). The Importance of Multicultural Education in Indonesia. JOURNAL OF TEACHING AND LEARNING IN ELEMENTARY EDUCATION (JTLEE), 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i1.6665

Irhandayaningsih, A. (2012). KAJIAN FILOSOFIS TERHADAP MULTIKULTURALISME INDONESIA Oleh: Dra. Ana Irhandayaningsih, M.Si. Humanika, 1–8.

Ma`arif, M. A., & Arifin, A. (2022). Penguatan Nilai Multikultural Pada Kurikulum Pesantren. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.9814

Madkan, & Mumtahana, L. (2022). Islam dan Tradisi Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.

Masturin, M. (2022). Development of Islamic Religious Education Materials Based on Religious Moderation in Forming Student Character. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), Art. 4. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.310

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.

Moleong, j, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaqim, M., & Mustaghfiroh, H. (2013). Pendidikan Islam Berbasis Multikulturalisme. Addin, 7(1), 105–128.

Rustam Ibrahim. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154.

Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1.

Saputro, A. N. A., & Darim, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Kebijakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang bersifat Ekskloratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Suparlan, & Utari, S. (2018). Pendidikan Multikultural. Madani Media.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana.

Susilo, W. H. (2008). Penelitian Kualitatif Dalam bidang Kesehatan. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Syahputra, M. C. (2019). Pendidikan Islam Multikultural (Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid). Skripsi, 53(9), 1–132.

Syaifuddin, A. Fedyani. (2015). Membumikan Multikulturalisme di Indonesia. Antropologi Sosial Budaya, II(1), 17–18.

Tarwi, M., & Naimah, F. U. (2022). Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Aswaja. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Arifin, M., & Kartiko, A. (2022). Strategi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Madrasah Bertaraf Internasional . Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 194–202. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.396