Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Program Pelatihan Aplikasi Classpoint

Authors

  • Ali Nahruddin Tanal Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Parjiya Rahma Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hilal Mahmud Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Zuljalal Al Hamdany Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.386

Keywords:

Aplikasi Classpoint, Program Pelatihan, Media Pembelajaran, Pengembangan Kompetensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program pelatihan Aplikasi Classpoint sebagai bentuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik di UPT SDN 194 Waelawi, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan metode kualitatif deskriptif. Studi dokumen, wawancara, dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data yang diolah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil temuan, pelaksanaan program pelatihan Aplikasi Classpoint terlaksana dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dalam pengajaran.Pelatihan dilaksanakan secara online. Peserta pelatihan diwajibkan menyediakan leptop/handphone dan jaringan internet, serta mengikuti peraturan pelatihan. Metode ceramah dan peragaan merupakan metode yang digunakan selama pelatihan. Kendala yang dialami peserta selama mengikuti pelatihan ialah gangguan koneksi internet dan keterbatasan keterampilan penggunaan IT. Aplikasi Classpoint mengemas pembelajaran dengan mengintergrasikan aplikasi lain seperi Zoom dan Microsoft Power Point. Penerapan aplikasi tersebut di dalam pembelajaran memberikan dampak positif baik dari segi minat maupun hasil belajar siswa. Namun juga memiliki kekurangan karena menimbulkan hambatan di kalangan siswa seperti koneksi internet hingga ketersediaan sarara dan media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Alwi, M., & Mumtahana, L. (2023). The Principal’s Strategy in Improving the Quality of Teacher Performance in the Learning Process in Islamic Elementary Schools. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 66–78. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.18

Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Angreny, K. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Bantaeng (Masters, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/13059/

Anshori, M., Elynawati, E., Alfatchussadiqin, A., & Maulana, A. (2022). Implementation of Library Management in Improving Excellent Service in Vocational High Schools. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 830–842. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2342

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru melalui Kinerja Guru pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Ashari, 12207173062. (2021, August 19). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMPIT Al-Asror Tulungagung [Skripsi]. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

B, A. M., Kardini, N. L., Elshifa, A., Adiawaty, S., & Wijayanti, T. C. (2023). The Role of Quality Human Resources in Developing Missions of Future Universities in Indonesian Higher Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49–59. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.342

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME?: Journal of Management, 4(2). https://doi.org/10.2568/yum.v4i2.870

Fitriyana, F., Astuti, H. W., Rahman, A., Werdiningsih, R., & Idrus, S. (2023). Servant Leadership and Perceived Organizational Support for Lecturer Loyalty Through Empowerment. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 113–127. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.318

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100

Haidar, M. A., Hasanah, M., & Ma`arif, M. A. (2022). Educational Challenges to Human Resource Development in Islamic Education Institutions. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 366–377. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.309

Hartini, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Melalui Pembinaan Konsep dan Implementasi Media Presentasi Microsoft Powerpoint di SMA Negeri 1 Banjarmasin. Vidya Karya, 32(2), 178–189. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5235

Herlina, D. (2018). Pengembangan Pegawai di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang. Journal Of Regional Public Administration (JRPA), 3(1), 7–14.

Istikhah, Y., Roesminingsih, E., & Izzati, U. A. (2022). Pengembangan Model Talent Management Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Di PPTQ Darul Fikri Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3072

Johan, E. J., Aziz, Z. A., Mydin, A. M., Mohammad, W. A. W., & Yusuf, S. A. M. (2022). Partisipasi Pelajar Dalam Proses Pengajaran Dan Pembelajaran Pengaturcaraan Dalam Talian Bermediumkan Aplikasi Classpoint.

Karim, A. S., Agarina, M., Sutedi, Hasibuan, M. S., & Fauzi, M. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Bagi Guru di Propinsi Lampung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4399–4406.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM?: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kudsi, M. R., Riadi, S. S., & As, D. L. (2017). Pengaruh pengembangan karir dan sistem insentif terhadap kinerja karyawan. JURNAL MANAJEMEN, 9(2), 85–93. https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i2.1977

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311–326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat?: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mulya, M., Sukomo, S., & Kasman, K. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai (Studi Pada DPPKB Kota Banjar). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(2), 240–251.

Mustopa, R., Barjah, M. K., Ahsaina, N. A., & Rais, Y. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Teknologi, 1(3), 166–174. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i3.21

Pujihastuti, A., Waluyo, T., & Murtiyasa, B. (2022). Penerapan Metode Gamifikasi Dengan Pendekatan Hasthalaku Pada Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 415–424. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.320

Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9

Saputro, A. N. A., & Darim, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Kebijakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.4

Setyowati, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sd Negeri 5 Sidorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. MANAJERIAL?: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 182–188. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.657

Soenarko, B., Wiguna, F. A., Putri, K. E., Primasatya, N., Kurnia, I., Imron, I. F., … Wahyudi, W. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(2), 96–106. https://doi.org/10.29407/ja.v1i2.11738

Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(3), 1–9.

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22.

Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87.

Yasin, A. F., Chakim, A., Susilawati, S., & Muhammad, S. H. (2023). Development of Islamic Religious Education Learning in Forming Moderate Muslims. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 22–36. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.227

Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Tanal, A. N., Rahma, P. ., Mahmud, H. ., & Al Hamdany, M. Z. . (2023). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Program Pelatihan Aplikasi Classpoint. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 102–113. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.386