Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar

Authors

  • Ervi Rahmadani Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Muhammad Zuljalal Al Hamdany Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Permasalahan terkait penurunan nilai karakter yang terjadi di dunia pendidikan saat ini merupakan suatu fenomena yang harus segera diatasi diantaranya, hilangnya rasa patuh pada guru, kurangnya sikap disiplin dan mulai memudarnya sikap jujur. Oleh karena itu dibutuhkan program untuk mengembangkan dan mendidik karakter peserta didik, salah satunya melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari lima nilai-nilai PPK di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 5 di SDN 51 Sumarambu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terdapat pengimplementasian dari kelima nilai PPK di SDN 51 Sumarambu. Diantaranya, implementasi nilai religius melalui kegiatan rutin salat duha berjamaah setiap hari Sabtu. Implementasi nilai nasionalis melalui kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan peringatan hari nasional lainnya. Implementasi nilai gotong royong melalui kegiatan Jumat Bersih di lingkungan sekolah. Implementasi nilai integritas melalui kejujuran kepada peserta didik, serta implementasi nilai mandiri dengan pembiasaan mengerjakan ujian tanpa menyontek. Pengimplementasian kelima nilai PPK dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, E. T. (2021). Pembentukan Sikap Toleransi Dan Bersahabat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd/Mi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a4.2021

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Aningsih, ., Zulela, M., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Fatimah Zuhra & Usfur Ridha. (2021). Diskursus Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.618

Fauziah, N. A., & Salik, Y. (2021). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Pembinaan Akhlak Di Sekolah Dasar Negeri. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 89–98. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.146

Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, S. F. (2019). PERANAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019

Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019

Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL JAWA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 50. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a6.2019

Ismala, M. M., Handayani, T., Astuti, M., & Hamzah, A. (2019). PENANAMAN NILAI MORAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 138. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a4.2019

Khotimah, D. N. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. 2(1).

Madkan, & Mumtahana, L. (2022). Islam dan Tradisi Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 55–62.

Muchibin, A., & Ma`arif, M. A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.228

Muldani, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Barisan dan Deret. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 124.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Muhtar Umar Buamona, S. A., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja. XI(1), 63.

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. 8(2).

Perdana, N. S. (2018). IMPLEMENTASI PERANAN EKOSISTEM PENDIDIKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.

Pettalongi, S. S. (2019). Strategy Of Guru Tua To Develop Education Character (1930-1969) In Middle Sulawesi Palu. 8(12).

Putra, P., Suhartini, S., & Arnadi, A. (2021). INTERNALISASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI SEKOLAH DASAR NEGERI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 232. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a9.2021

R, T. S., & Casim, C. (2021). Revitalization of oral traditions in Tasikmalaya district as a learning media to plant character education values and multicultural insights of students. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(3), 1379–1391. https://doi.org/10.52462/jlls.99

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071

Rosad, A. M. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MANAGEMEN SEKOLAH. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (Cet. 1). Jakarta: Erlangga.

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. . (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368