Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah DasarAbstract
Permasalahan terkait penurunan nilai karakter yang terjadi di dunia pendidikan saat ini merupakan suatu fenomena yang harus segera diatasi diantaranya, hilangnya rasa patuh pada guru, kurangnya sikap disiplin dan mulai memudarnya sikap jujur. Oleh karena itu dibutuhkan program untuk mengembangkan dan mendidik karakter peserta didik, salah satunya melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari lima nilai-nilai PPK di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 5 di SDN 51 Sumarambu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terdapat pengimplementasian dari kelima nilai PPK di SDN 51 Sumarambu. Diantaranya, implementasi nilai religius melalui kegiatan rutin salat duha berjamaah setiap hari Sabtu. Implementasi nilai nasionalis melalui kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan peringatan hari nasional lainnya. Implementasi nilai gotong royong melalui kegiatan Jumat Bersih di lingkungan sekolah. Implementasi nilai integritas melalui kejujuran kepada peserta didik, serta implementasi nilai mandiri dengan pembiasaan mengerjakan ujian tanpa menyontek. Pengimplementasian kelima nilai PPK dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru.
Downloads
References
Aeni, E. T. (2021). Pembentukan Sikap Toleransi Dan Bersahabat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd/Mi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a4.2021
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Aningsih, ., Zulela, M., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Fatimah Zuhra & Usfur Ridha. (2021). Diskursus Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.618
Fauziah, N. A., & Salik, Y. (2021). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Pembinaan Akhlak Di Sekolah Dasar Negeri. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 89–98. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.146
Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, S. F. (2019). PERANAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019
Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL JAWA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 50. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a6.2019
Ismala, M. M., Handayani, T., Astuti, M., & Hamzah, A. (2019). PENANAMAN NILAI MORAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 138. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a4.2019
Khotimah, D. N. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. 2(1).
Madkan, & Mumtahana, L. (2022). Islam dan Tradisi Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 55–62.
Muchibin, A., & Ma`arif, M. A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.228
Muldani, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Barisan dan Deret. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 124.
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Muhtar Umar Buamona, S. A., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020
Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja. XI(1), 63.
Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. 8(2).
Perdana, N. S. (2018). IMPLEMENTASI PERANAN EKOSISTEM PENDIDIKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.
Pettalongi, S. S. (2019). Strategy Of Guru Tua To Develop Education Character (1930-1969) In Middle Sulawesi Palu. 8(12).
Putra, P., Suhartini, S., & Arnadi, A. (2021). INTERNALISASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI SEKOLAH DASAR NEGERI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 232. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a9.2021
R, T. S., & Casim, C. (2021). Revitalization of oral traditions in Tasikmalaya district as a learning media to plant character education values and multicultural insights of students. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(3), 1379–1391. https://doi.org/10.52462/jlls.99
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071
Rosad, A. M. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MANAGEMEN SEKOLAH. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (Cet. 1). Jakarta: Erlangga.
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ervi Rahmadani, Muhammad Zuljalal Al Hamdany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.