Analisis Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dengan Teknik Whole Brain Teaching (WBT)
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.376Keywords:
pendidikan madrasah, Model VAK, Teknik WBTAbstract
Tujuan penelitian yaitu mengetahui perencanaan penggunaan model VAK dengan Teknik WBT; melihat bagaimana keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran; serta bagaimana evaluasi kemandirian belajar melalui model pembelajaran VAK dengan teknik WBT dapat meningkat. Metode yang digunanakan yaitu desain deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Data yang diteliti didapat melalui wawancara, observasi, tes/angket, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan hasil yaitu: Pertama, rencana dalam rancangan kegiatan belajar-mengajar berjalan dengan tahap-tahap yang sistematis sesaui diharapkan melalui model VAK dengan teknik WBT, tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, Pelaksanaan dan penerapan dalam penyampaian materi ditunjukkan melalui video yang kemudian diliat, dibaca dan dipahami oleh siswa melalui power point, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Ketiga, Evaluasi dan peningkatan kemandirian dalam belajar dapat dilakukan dengan diskusi kelompok, pemberian tugas, praktik secara langsung, dan pemberian soal latihan. Hasil evaluasi pada kelas VA menunjukkan bahwa hasil belajar siswa memeroleh peningkatan yaitu dari yang semula 60% menjadi 85% setelah menggunakan model pembelajaran VAK dengan teknik WBT, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil evaluasi belajar yang sangat baik karena terlaksanaya kemandirian dalam belajar. Sedangkan hasil evaluasi selama proses pembelajaran pada kelas VB setelah menggunakan model VAK dengan teknik WBT terjadi penurunan dari yang semula 50% menjadi 45%, hal ini menjadi bukti bahwa adanya penggunaan model VAK dengan teknik WBT pada pembelajaran IPA tidak dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil perolehan belajar juga dilihat pada peningkatan rata-rata nilai hasil pre test 70,26 dengan persentase 60% dan 68,78 dengan persentase 50% siswa tuntas belajar dan hasil rata-rata nilai post test yaitu 93,25 persentase 85% dan 77,4 persentase 45% siswa selesai belajar.
Downloads
References
Daulay, M. I. (2018). Developing Social Science-History’s Comics- Based Learning Media for the Fifth Grade of Primary School In Pekanbaru City. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 15. https://doi.org/10.24036/008za0002
Denisa, C. M., Ruhiat, Y., & Septiyanto, R. F. (2018). Efektivitas Metode Whole Brain Teaching (WBT) Untuk Mening- katkan Hasil Belajar Hukum Newton Bagi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kragilan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 1(1), 32–36.
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15.
Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica, 4(2).
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I2.21765
Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing and Health, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.1002/nur.21768
Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77.
Kusaeri. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70.
Kusumawarti, E., Subiyantorro, S., & Rukaya. (2018). The Use of Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) Model-Based Multimedia for Story Listening Skill on Fifth Graders of Elementary School Pemanfaatan Multimedia Berbasis Model Visualization, Auditory, Kinestethic (Vak) Untuk Keterampilan Menyimak Cerit. Edutech, 17(3), 351–352.
Listiagfiroh, W., & Ellianawati, E. (2019). A Problem Based Learning: Practicing Students’ Critical Thinking Skills with Cognitive Style Dependent Fields and Independent Fields. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 169–176. https://doi.org/10.21009/1.05212
Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN?: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Muntu, S. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK (Vol. 5). Universitas Negeri Makasar.
Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18.
Pebriani, N. P. E., Tegeh, M., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK Berbantuan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. 06(02), 1325–1334.
Rambousek, V., Štípek, J., & Va?ková, P. (2016). Contents of Digital Literacy from the Perspective of Teachers and Pupils. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 354–362.
Rukmana, W., Hardjono, N., & Aryana, A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Vak Berbantu Media Tongkat Tokoh. Journal of Education Action Research, 2(3), 189. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16255
Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11.
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75.
Saputro, A. N. A., & Darim, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Kebijakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 36–47.
Sawyer, S., & Winter, S. J. (2011). Special issue on futures for research on information systems: Prometheus unbound? Journal of Information Technology 2011 26:2, 26(2), 95–98. https://doi.org/10.1057/JIT.2011.7
Strang, K. D. (2017). Beyond engagement analytics: Which online mixed-data factors predict student learning outcomes? Education and Information Technologies, 22(3), 917–937. https://doi.org/10.1007/s10639-016-9464-2
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadin, Merta, I. W., & Kusmiyati. (2017). Visual Auditorial Kinestetik (VAK). Pijar, XII(1), 19–24.
Tarwi, M., & Naimah, F. U. (2022). Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Aswaja. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 42–54.
Wahid, A., & Wahyuni, F. S. (2018). Aplikasi Shamela Library di Madrasah Aliyah An-Nur Al Huda. Jurnal Mnemonic, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v1i1.19
Winarno, Zuhri, M., Mansur, Sutomo, I., & Widhyahrini, K. (2019). Development of assessment for the learning of the humanistic model to improve evaluation of elementary school mathematics. International Journal of Instruction, 12(4). https://doi.org/10.29333/iji.2019.1244a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Rohmah, Khusna Widhyahrini, Maslikhah Maslikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.