Peningkatan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kreativitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.395Keywords:
Sistem Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, KKGAbstract
Pendidik sebagai bagian utama dalam dunia pendidikan diharapkan memiliki kemammpuan untuk menyesuaikan bahkan melampaui kemajuan ilmu pengetahuan dan inovasi yang tercipta di masyarakat. Dengan adanya kegiatan kelompok kerja guru diharapkan pendidik mampu mengembangkan profesionalitasnya dengan program-program yang dilaksanakan oleh KKG. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana sistem pembelajaran PAI yang dilakukan oleh kegiatan kelompok kerja guru PAI di kecamatan pacet. 2) Untuk mendeskripksikan bagaimana kreativitas yang dilakukan oleh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kecamatan Pacet? jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan observasi, wawancara beberapa narasumber, dan dokumentasi selama penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan uji keabsahan.hasil penelitian 1) sistem pembelajaran yang dilakukan oleh KKG PAI SD Kecamatan Pacet menggunakan sistem pembelajaran pada umumnya, yang teridiri dari beberapa komponen diantaranya tujuan pendidikan, perangkat pembelajaran, media pembelajaran ,metode pembelajaran, serta penilaian. 2) kreativitas yang dilakukan oleh KKG PAI SD Kecamatan Pacet antara lain, adanya kegiatan rutin setiap bulannya , setiap guru mengembangkan kreativitas sumber belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, proses pembelajaran dan proses penilaian.
Downloads
References
Amelia, C., Aprilianto, A., Supriatna, D., Rusydi, I., & Zahari, N. E. (2022). The Principal’s Role as Education Supervisor in Improving Teacher Professionalism. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 144–155. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.2075
Aniqoh, S., Anas Ma`arif, M., & Kartiko, A. (2022). Kreativitas Guru Al Qur’an Hadist Dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal (CEJou), 2(02), 30–42. https://doi.org/10.55757/cejou.v2i02.21
Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/14997/metodologi-penelitian-bisnis.html
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian?: suatu pendekatan praktik (Ed. Rev 20). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=801361
Drs. H. Baharuddin, M.Pdi., Moh. Makin, S. Ag., A. P. (2017). Pendidikan humanistik?: (konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan) (Abdul Qodir Shaleh (ed.); Cetakan II). Ar-Ruzz Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1137930
Hanson, W. E., Plano Clark, V. L., Petska, K. S., Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2005). Mixed methods research designs in counseling psychology. Journal of Counseling Psychology, 52(2), 224–235. https://doi.org/10.1037/0022-0167.52.2.224
Ma`arif, M. A. (2019). Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi ( Studi Di Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 164–189. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.179
MAULANA AKBAR SANJANI. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications, Inc. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Mohzana, Hary Murcahyanto, M. F. (2021). KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI ASPEK AFEKTIF. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(March), 1–19.
Moleong, j, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html
Syifaiyah, Nahdi, H. K., & Mohzana, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sdn 1 Setanggor Selatan. c, 0–2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Arifin, Ari Kartiko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.