Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Iga Putri Calora Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti Gresik, Indonesia
  • Muhamad Arif Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti Gresik, Indonesia
  • Muhammad Husnur Rofiq Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Pacet Mojokerto Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.592

Keywords:

Madrasah Digital, Digital, E-learning, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran berbasis digital yang sudah dilaksanakan dan apa saja kendala yang terjadi di MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Subyek dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis digital. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Enam orang guru, dan tiga orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancra dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode atau teknik dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik, memanfaatkan beberapa media digital seperti Computer PC, TV Smart/digital, LCD Proyektor, dan beberapa fitur aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti Google Classrooms, WhatsApp, Digital Library, kartu pelajar elektronik untuk melakukan presensi kehadiran. Kelebihan yang dirasakan setelah memanfaatkan digitalisasi yakni pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kreatif, inovatif serta menumbuhkan generasi yang sadar akan Ilmu Teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abad-Segura, E. 2020. ‘Sustainable Management of Digital Transformation in Higher Education: Global Research Trends’. Sustainability (Switzerland) 12(5). doi: 10.3390/su12052107.

Agudo-Peregrina, A. F. 2014. ‘Behavioral Intention, Use Behavior and the Acceptance of Electronic Learning Systems: Differences between Higher Education and Lifelong Learning’. Computers in Human Behavior 34(Query date: 2023-03-26 11:11:28):301–14. doi: 10.1016/j.chb.2013.10.035.

Agustinasari, Agustinasari, Endang Susilawati, and Ita Fitriati. 2020. ‘Peningkatan Kemampuan Guru Sman 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Cbt’. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4(2):273–380.

Arif, Muhamad, and Mohd Kasturi Nor bin Abd Aziz. 2022. ‘The Relevance of Islamic Educational Characteristics In The 21st-Century:(A Study on Al-Suhrawardi’s Thoughts in Adabul Muridin Book)’. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 13(02):175–96.

Arif, Muhamad, Mohd Kasturi Nor Abd Aziz, and Yuldashev Azim Abdurakhmonovich. 2023. ‘Model For Economical Digital Smart Classes Indonesian Islamic Primary Schools (Madrasah Ibtidaiyah) In The 21st Century’. Child Education Journal 5(1):11–23. doi: 10.33086/cej.v5i1.4194.

Arka, Kukuh Andri. 2017. ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar’. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1(2a).

Asari, Andi, Taufiq Kurniawan, and Sokhibul Ansor. 2019. ‘Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang’. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 3(2):98–104.

Asmarani, Ayu, Sukarno Sukarno, and Minnah El Widdah. 2021. ‘The Relationship of Professional Competence with Teacher Work Productivity in Madrasah Aliyah’. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(2):220–35. doi: 10.31538/ndh.v6i2.1365.

Assidiqi, Muhamad Hasbi, and Woro Sumarni. 2020. ‘Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19’. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Atikah, Rini, Rani Titik Prihatin, Herni Hernayati, and Jajang Misbah. 2021. ‘Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Petik 7(1):7–18.

Ayu, Rr Fadila Kusumaning, Silvi Puspita Sari, Berliana Yunarti Setiawan, and Fifi Khoirul Fitriyah. 2019. ‘Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan’. Child Education Journal 1(2):65–72. doi: 10.33086/cej.v1i2.1356.

Batubara, Abdul Karim. 2013. ‘Pemanfaatan Perpustakaan Digital Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar’. Jurnal Iqra’ 7(2):61–71.

Cassel, L. N. 2003. ‘Using an Education Oriented Digital Library to Organize and Present Classes in Computing and Information’. Proceedings of the Annual SIGCSE Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education (ITiSCE) 8(Query date: 2023-01-04 21:27:06):260–260. doi: 10.1145/961620.961621.

Chowdhury, Sudatta, Monica Landoni, and Forbes Gibb. 2006. ‘Usability and Impact of Digital Libraries: A Review’. Online Information Review 30(6):656–80.

Daulay, Rafiah Wardani, Ely Djulia, and Supraba Ika Sari. 2022. ‘The Effect of Digital Class Implementation on Cognitive Ability and Self-Regulated Learning’. Jurnal Pelita Pendidikan 10(3):105–14.

Dewi, Suci Zakiyah, and Irfan Hilman. 2018. ‘Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar’. Indonesian Journal of Primary Education 2(2):48–53.

Elsi, Zulhipni Reno Saputra, and Jimmie Jimmie. 2020. ‘Rancang Bangun Absensi Perkulihan Dengan Fingerprint Berbasi Webbase Design Of Education Absention With Web Based Fingerprint’. Jusikom?: Jurnal Sistem Komputer Musirawas 5(1):24–32.

Farihin. 2022. ‘Innovative Training and Learning Program for Future Teachers in Implementing Digital-Based School Administration in MAN Cirebon, Indonesia’. Eurasian Journal of Educational Research 100(100):192–205.

Fatimah, Fahmi Siti, Hasyim Asy’ari, Anis Sandria, and Juli Amaliya Nasucha. 2023. ‘Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes’. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2(1):1–15.

Freitas, Rubina, and Pedro Campos. 2008. ‘SMART: A System of Augmented Reality for Teaching 2nd Grade Students’. People and Computers XXII Culture, Creativity, Interaction 22 27–30.

Harianto, Budi Teguh, Nelfita Nelfita, and Agung Wibowo. 2022. ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Di Desa Tertinggal’. Khazanah Intelektual 6(2):1454–70. doi: https://doi.org/10.37250/newkiki.v6i2.159.

Hasmiza, Hasmiza, and Romelah Romelah. 2022. ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Youtube Di Smp Nurul Jannah Natuna’. Research and Development Journal Of Education 8(1).

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Laksana.

Kardi, Kardi, Hasan Basri, Andewi Suhartini, and Fitri Meliani. 2023. ‘Challenges of Online Boarding Schools In The Digital Era’. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2(1):37–51. doi: 10.59373/attadzkir.v2i1.11.

Kim, Jinyoung. 2020. ‘Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum’. IJEC 52:145–58. doi: https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6.

Kuncahyono, Kuncahyono. 2017. ‘Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar’. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD 5(2):773–80.

Laili, St Rohmatul, Kunti Uswatun Hasanah, and Nur Ifadatur Roifah. 2022. ‘Development of Islamic Religious Education Teacher Competency and Character Through Blended Learning’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(2):864–75. doi: 10.31538/nzh.v5i2.2359.

Lase, Delipiter. 2019. ‘Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0’. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 12(2):28–43.

Lestari, Dwi, Akhmad Arif Musadad, and Sri Wahyuni. 2019. ‘Penggunaan Computer Based Test (Cbt) Sebagai Sarana Evaluasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016’. Jurnal Candi 19(1):29–39.

Loewenberg, D. 2020. ‘A Digital Path to a Diploma: Online Credit-Recovery Classes Are a Lifeline—and Ripe for Abuse’. Education Next 20(1):50–56.

Manurung, Restika, Edi Harahap, Tahrun Tahrun, and Aris Suharyadi. 2020. ‘Manajemen Sarana Prasarana Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih’. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 2(2):168–77. doi: 10.21831/jump.v2i2.33747.

Munir, Muhammad Syahrul, Muhammad Akhsanul Muhtadin, and Moch Agung Lukman Septiansyah. 2022. ‘Semester Credit System Program Evaluation at MTsN 2, Kediri City’. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(3):229–40. doi: 10.31538/munaddhomah.v3i3.279.

Mustofa, Ihsan, Heri Kuswara, Rosmawati Rosmawati, and Enita Rosmika. 2023. ‘Evaluation of Computer Training Programs Using Models Kirkpatrick to Increase the Competency Capacity of PerGunu Teachers’. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(2):210–26. doi: 10.31538/ndh.v8i2.3778.

Nurhidayah, Tri, Tri Lastuti, and Muh Rijalul Akbar. 2023. ‘Feasibility of Image-Based Digital Teaching Books to Improve Literature Ability for Class II Students of SDN 18 Dodu Kota Bima’. Pp. 336–42 in Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 6.

Pendit, Putu Laxman. 2010. ‘Perpustakaan Digital: Kesinambungan Dan Dinamika’. Jurnal Pustakawan Indonesia 10(1).

Rohmah, Hidayatur, Syahidah Rena, Pahrurraji Pahrurraji, and Fajar Syarif. 2023. ‘Implementation of Multicultural Education Values in Senior High School’. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2(2):78–94. doi: 10.59373/attadzkir.v2i2.29.

Rosales Rosa, Eugenio, Abel Alfonso Fírvida Donéstevez, Marielis González Muño, and Allan Pierra Fuentes. 2014. ‘Smart TV with Free Technologies in Support of Teaching-Learning Process’. Pp. 147–52 in Open Source Software: Mobile Open Source Technologies: 10th IFIP WG 2.13 International Conference on Open Source Systems, OSS 2014, San José, Costa Rica, May 6-9, 2014. Proceedings 10. Springer.

Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, and Siti Indriyani. 2023. ‘The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects’. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2(2):129–42. doi: 10.59373/attadzkir.v2i2.43.

Sabiela, Yaritsa Husni, Diyan Tresna Pratiwi, Prabu Wardono, and Dianing Ratri. 2022. ‘The Role of Analog and Digital Media as a Playground to Support Children’s Development’. Child Education Journal 4(2):79–98. doi: 10.33086/cej.v4i2.2988.

Saidova, Zulfizar. 2023. ‘Practical Assimilation of Digital Tools and Materials by Teachers and Students in Modern Education’. Eurasian Journal of Social Sciences, Philosophy and Culture 3(1):51–55.

Supriyanto, Aji, Jefry Alfa Razaq, and Zuli Budiarso. 2022. ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Multimedia Dengan Android Tv Pada Taman Pintar “Tunas Bangsa” Manyaran Semarang’. Journal of Dedicators Community 6(1).

Syamsuar, Syamsuar, and Reflianto Reflianto. 2019. ‘Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0’. E-Tech?: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2). doi: 10.24036/et.v2i2.101343.

Widayanti, Yuyun. 2015. ‘Pengelolaan Perpustakaan Digital’. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 3(1):125–37.

Xie, Z. 2021. ‘Micro Classes as a Primary School–Level Mathematics Education Response to COVID-19 Pandemic in China: Students’ Degree of Approval and Perception of Digital Equity’. Educational Studies in Mathematics 108(1):65–85. doi: 10.1007/s10649-021-10111-7.

Zhang, Yi, Xing Li, Lingmin Zhu, Xuemin Dong, and Qi Hao. 2019. ‘What Is a Smart Classroom? A Literature Review’. Shaping Future Schools with Digital Technology 25–40.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Calora, I. P. ., Arif, M. ., & Rofiq, M. H. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 321–331. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.592