Pengaruh Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Munawir Munawir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ainaul Mardhiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Suraiyyah Nailisaadah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.528

Keywords:

Teknologi, Media pembelajaran, YouTube

Abstract

Perkembangan zaman yang berlangsung dengan cepat telah mengakselerasi kemajuan teknologi secara signifikan. Fenomena ini memiliki dampak yang besar dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi di dalam dunia pendidikan dapat mendorong tumbuhnya kemandirian dan komunitas belajar yang aktif. Keunggulan teknologi informasi memberikan kesempatan bagi para guru dan siswa dalam mengembangkan media pembelajaran dan mengakses sumber informasi secara luas. Dalam upaya memanfaatkan teknologi informasi dalam dunia pendidikan, YouTube telah menjadi salah satu platform yang berperan penting sebagai media pembelajaran. Di era saat ini, YouTube memiliki potensi sebagai sumber pengetahuan yang berharga. Pendekatan pembelajaran yang menggunakan video sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan YouTube dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi SKI di kelas V MI Nurul Ulum Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menggunakan pengukuran, perhitungan, rumus, dan angka-angka untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penulisan artikel ini. Data diperoleh melalui observasi pengajaran kepada siswa serta penilaian tugas sebelum dan setelah penggunaan media berbasis YouTube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Asse, A., Putri, F. F., Fatimah, T., Nursyam, N., & Faqihuddin, D. (2023). Diversity Problems in Students’ Educational Backgrounds and Learning Program Policies of Arabic Language Education. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(4), Art. 4. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i4.701

Bakar, M. A., Umroh, K. A., & Hameed, F. (2023). Improving Quality Islamic Education for Today’s Generation. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.42

Fatimah, S., Supangat, S., & Sinensis, A. R. (2022). Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Literasi Qur’an Pada Materi Tata Surya Kelas VI. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.278

Fikriyati, M., Katoningsih, S., & Hasan, S. (2023). Use of Loose Part Media With Cardboard and Sand Materials in Islamic Children’s Schools. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2858

Hafid, H., & Barnoto, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Google Workspace for Education. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1.

Hapsari, S. M., Sugito, S., & Fauziah, P. Y. (2020). Parent’s Involvement in Early Childhood Education during the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(2), Art. 2.

Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247

https://www.cambridge.org/core/journals/journal-of-laryngology-and-otology/article/abs/assessment-of-youtube-as-an-educational-tool-in-teaching-thyroidectomy-and-parathyroidectomy/74ECB36E2B04A9B03C0B9498EB4D5B5B

Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.226

Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.250

Lee, H., Choi, A., Jang, Y., & Lee, J. I. (2018). YouTube as a learning tool for four shoulder tests. Primary Health Care Research and Development. https://doi.org/10.1017/S1463423618000804

Lin, P. (2022). Developing an intelligent tool for computer-assisted formulaic language learning from YouTube videos. ReCALL, 34(2), 185–200. https://doi.org/10.1017/S0958344021000252

Lubis, R. M., Suryani, I., Syahputra, A., & Sahila, W. (2023). The Importance of Islamic Education for The Mental Health of Youth in Using Social Media. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2703

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30

Nur Setiyana, Fira, and Anggun Badu Kusuma. “Potensi Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Matematika.” EduMatSains?: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains 6, no. 1 (July 1, 2021): 71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Putri, F. Z. A. D., Elsa, M., Peratiwi, N. C., & Syofyan, H. (2021). Literatur Review: Analisis Artikel Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran TerhadapHasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 4).

Sarumaha, M. S., & Laiya, R. E. (2023). Teachers’ Ability to Construct Learning Through the Scramble Learning Model Approach in Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(4), Art. 4. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i4.709

Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143

Syaibani, I. A. Y., & Zainiyati, H. S. (2022). Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran SKI pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Miftahussudur 01 Dagangan. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 21(1), 79-85.

Widianto, Edi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2, no. 2 (August 15, 2021): 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251

Wulandari, Amalia Rizki, Masturi, and Fina Fakhriyah. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (August 28, 2021): 3779–85. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Munawir, M., Mardhiyah, A., & Nailisaadah, S. . (2023). Pengaruh Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 400–408. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.528