Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.109Keywords:
Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Mind MappingAbstract
Sikap jenuh dalam belajar adalah salah satu permasalahan yang mengakibatkan turunnya motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah 2 Kebudayaan Islam (SKI), yang harus dicari solusinya. Metode mind mapping yang diterapkan dalam kuliah SKI dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode pelaksanaan pembelajaran mind mapping pada mata kuliah SKI dapat : (1) meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) meningkatkan aktivitas siswa dan membuat kualitas, dan (3) peningkatan belajar siswa untuk membuat kreatif dan bervariasi.
Downloads
References
Andres, H. P. (2019). Active teaching to manage course difficulty and learning motivation. Journal of Further and Higher Education, 43(2), 220–235. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1357073
Aqib, Z. (2009). Menjadi guru profesional berstandar nasional: Memuat standar nasional pendidikan UURI no. 20/2003 (Sisdiknas), UURI no. 14/2005 (guru dan dosen), PPRI no. 19/2005 (standar nasional pendidikan), PPRI no. 74/2008 (guru), delapan permendiknas (standar nasional pendidikan), Permendiknas no. 10/2009 (sertifikasi bagi guru dalam jabatan), Permendiknas no. 36/2007 (penyaluran tunjangan profesi bagi guru), Permendiknas no. 39/2008 (pembinaan kesiswaan). Yrama Widya.
Fardani, D. N. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(1), 69–74.
Haviz, M., Afwadi, A., Selamat, K., Maris, I. M., Hanif, A., Trisoni, R., & Effendi, Y. (2019). Investigating Students Knowledge and Social Awareness of the Community of Religious Social Activist Minangkabau: A Community Based Reseach In West Sumatra, Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 10–22. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i1.8657
Karim, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam (Ski) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. QUALITY, 1(2).
Keller, J. M. (1995). Motivation in cyber learning environments. International Journal of Educational Telecommunications, 1(1), 7–30.
Keller, J. M. (2008). First principles of motivation to learn and e3-learning. Distance Education, 29(2), 175–185.
Ma’arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA, 2(2), 35–60. http://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/624
Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru (18th ed.). Remaja Rosdakarya.
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Ngalimun, S. P., & Pd, M. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.
Nur Hakim, M., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148
Rahmat, M. (2018). Model Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Yang Damai, Moderat, dan Toleran. Nadwa, 12(1), 39–64. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2180
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed). McGraw-Hill.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed). Pearson.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Suharsimi, A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (5th ed.). Kencana.
Syaiful Bahri, D., & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.
Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1291
Zuhairini (Ed.). (1992). Filsafat pendidikan Islam (Cet. 1). Bumi Aksara.
Downloads
Published
Versions
- 2021-09-08 (2)
- 2020-09-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rofi’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.