Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354Keywords:
Metode struktur Analitik Sintentik, Metode pembelajaran, Madrasah IbtidaiyahAbstract
ini bertujuan untuk mengetahui solusi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan hambatan dan faktor pendukung .Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Adapun faktor pendukung terlaksananya kegiatan belajar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah adanya minat belajar Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MI Nurul Islam Alaspandan yaitu Struktural Analitik Sintetik (SAS),membaca menggunakan papan belajar bergambar, strategi membaca didalam kelas.
Downloads
References
Artika, Y. (t.t.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas 1 MIN 5 Seluma.
Fadilah, N. R. (2022).Analisi Pengunaan Metode SAS Terhadap Keterampilan Membaca Pemulaan Peserta Didik Kelas III SDN Banjasari 4 Kota Serang. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1026–1037.
Halimah, A., Suharti, S., & Akni Ardita, N. (2021). Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35706
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Khairunnisa, A. (t.t.). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode SAS DI Ra Hidaayatusshibyaan Cikarang Barat.
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Muhtarom, Eri Purwanti, & M. Yusuf Efendi. (2021). SAS (Synthetic Strutural Analytic) Method In Imroving Student’s Reading Skills: Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru MadrasahIbtidaiyahAl-ibda’,1(02),68–75. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v1i02.167
Naitili, C. A., Suardana, I. M., & Ramli, M. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(5), 660. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463
Ningsih, D. F., Burhan, M. A., & Subhan, M. (2022). Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Dalam PembelaJaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 SDN 195/VIII WIROTHO AGUNG. Jurnal IKA PGSD (IkatanAlumni PGSD) UNARS, 10(2), 241.m https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1531
Ningsih, U., Lokaria, E., & Bakar, A. (2022). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri Anyar. LJLEL: Linggau Jurnal Languag Educationand Literature, 2(2), 35–49. https://doi.org/10.55526/ljlel.v2i2.233
Nurani, G. C. (2022). Penggunaan Metode Struktural, Analitik, Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. 2(2)..
Prawiyogi, A. G., Suparman, T., Prihamdani, D., & Nadzilah, H. (2022b). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik TerhadaP Keterapilan MenuliS Permulaan.
Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. 3(2).
Putry, S. W., Aryaningrum, K., & Fakhrudin, A. (2022). Pengembangan Modul Membaca Permulaan Berbasis Struktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. 13(1).
Rachmatia Tauhid. (2022). Implementasi Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meninggkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 44 Halmahera Selatan. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7238960
Estate, & Hasibuan, S. (2019). Penggunaan Metode SAS Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 106162 Medan Estate. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 9(2), 184–190. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i2.13712
Simamora, D. A., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Keterampilan MenuliS Permulan Pada Siswa Kelas 1 SD.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode SaS (Struktural Analitik Sitetik) Untuk Meningkatkan Keterapilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah SASAR. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837
. L. N. A., . Dr. I. M. T., & . P. R. U. (2019). PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 174. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18992
Aprilianto, A., Rofiq, M. H., Sirojuddin, A., Muchtar, N. E. P., & Mumtahana, L. (2023). Learning Plan of Moderate Islamic Religious Education in Higher Education. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/almada.v6i1.2792
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1.
Fatmala, V. I. A., Hepi Ikmal, Lusia Mumtahana, Eka. (2021). Blended Learning Solusi Pembelajaran di Era Pandami. Nawa Litera Publishing.
Hakim, M. N., & Jamal, M. S. A. N. (2021). Gaya Dan Strategi Ketua Yayasan Dalam Membentuk Loyalitas Dan Komitmen Pendidik. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), Art. 2.
Halim, A. (2022). Sikap Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), Art. 1.
Huda, A. M., & Rokhman, M. (2021). The Strategy of the Principal in Improving the Quality of Institutional Education. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.142
Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.226
Maimana, M., Rizal, M. S., & Nurhaswinda, N. (2021). Application of Synthetic SAS to Improve Beginning Reading Ability of Elementary School Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 166–172. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2016
Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Nurani, G. C. (2022). PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL, ANALITIK, SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN. 2(2).
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.
Tarwi, M., & Naimah, F. U. (2022). Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Aswaja. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.
Yamin, M., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Learning Management in Salaf Islamic Boarding Schools. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Delfi Mufidatul Helwah, Kustiani Arisati, Nani Zahrotul Mufidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.