Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.597Keywords:
Hasil belajar, Mind mapping, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar PKn siswa kelas IV sebelum dan sesudah model pembelajaran mind mapping diterapkan di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, serta untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan tipe one group pre test and post test design dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SDN 2 Krasak di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari 30 siswa-siswi kelas IV SDN 2 Krasak, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Mind Mapping sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 2 Krasak. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara yang terhitung sejak 4 September 2023 sampai dengan 30 September 2023 pada Semester Gasal tahun ajaran 2023/ 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes yang meliputi pre test and post test yang dilakukan dengan membagikan lembar soal kepada peserta didik di kelas IV SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten jepara berjumlah 30 peserta didik untuk mendapatkan skor hasil pembelajaran model mind mapping pada mata pelajaran PKn. Perhitungan uji validitas dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus kolerasi product moment dengan perhitungan reliabilitas instrumen yaitu menggunakan rumus Alpha. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogrov-Smirnov. Uji homogen yang digunakan adalah metode Leven’s Test, serta uji hipotesis menggunakan Dependent Sample T-test. Hasil penerapan model pembelajaran mind mapping diperoleh data nilai posttest yang lebih tinggi dibanding pretest sehingga terdapat peningkatan. Data pretest maupun posttest juga berdistrisbusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa Ho ditolak maka Ha diterima. Perhitungan pengujian t antara pretest dan posttest yaitu thitung =27,459 dengan nilai sig (2- tailed) < 0,05. bisa disimpulkan bahwa pemakaian model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar pada mapel PKn kelas IV SDN 2 Krasak.
Downloads
References
Aliyyah,7R., et al. (2020).4Are the9Assessment Criteria3and the8Role of4Educational Stakeholders9Able to Make4Outstanding Teacher.9International Journal4of
Aprinawati,4I. (2018).9Pemakaian Model4Peta Pikiran9(Mind Mapping)6untuk7Meningkatkan Pemahaman5Membaca Wacana3Siswa Sekolah7Dasar. Jurnal5Basicedu, 2 (1), 140-147.
Arianti.,3Wiarta & Darsana.3(2019). Pengaruh7Model Pembelajaran6Problem3Posing Berbantuan3Media Semi8Konkret terhadap4Kompetensi Pengetahuan7Matematika. Jurnal5Ilmiah Sekolah3Dasar7Undiksha, 3, (4), 37-48. Dapat8diakses6melalui: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/2176
Arikunto,3S. (2014).3Prosedur Penelitian8Suatu Pendekatan8Praktik. Jakarta : Rineka4Cipta.
Benjamin,4W. (2019).3Pentingnya Pendidikan9bagi Manusia.6Jurnal Buana8Pengabdian, 3 (1), 66-72.
Badawi, H. (2023). Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3516
Kusuma,5F. A. (2018).4Komparasi Model6Pembelajaran Mind4Mapping dengan4Think Pair5Share dalam3Pembelajaran IPS7terhadap Hasil6Belajar Siswa4Kelas IV SDN6Pudakpayung 01 Semarang.3Skripsi.
Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.15
Nashiroh,4P., K., Ekarini,3F., & Ristanto,8R. D. (2020),3Efektivitas Penerapan8Model Pembelajaran6Kooperatif Tipe3Jigsaw Berbatuan8Mind Map4terhadap8Kemampuan Pedagogik3Mahasiswa Mata4Kuliah Pengembangan9Program Diklat.5Jurnal Pendidikan9Teknologi dan Kejuruan, 17 (1), 30-43.
Octaviana,5et al. (2021).3Peranan Pembelajaran8Pendidikan Pancasila4dan9Kewarganegaraan terhadap5Karakter Kejujuran3Peserta Didik7di SMK3PGRI Sukoharjo8Pamungkas.4Civics Education4And Social9Science Journal, 3 (2), 126-134.
Prasetyo,5T. (2020).7Efektivitas Model4Problem Based9Learning. Jurnal4Basicedu, 4 (2), 17-28.
Purwaningsih,4S. & Sari, Y., D., P. (2022).8Analisis Pengaruh4Mind Mapping9Terhadap8Minat Belajar4Siswa pada5Materi Tata7Nama Senyawa3Menggunakan Model9Inkuiri di7Sekolah Menengah3Kejuruan. Edukatif:7Jurnal Ilmu6Pendidikan, 4 (2), 56-66.
Rachmadtullah,4et al. (2020). The9Role of9Civic Education3Teachers in9Implementing Multicultural5Education in3Elementary School9Students. Universal8Journal of8EducationalResearch, 8, (2), 187-199.
Setyarini,4D. (2018).4Metode pembelajaran3mind map8untuk meningkatkan5prestasi belajar9anak didik3sekolah dasar.3Jurnal Ilmiah7Pendidikan3Dasar, 9 (2), 112-121.
Shoimin,5A. (2014).668 Model8Pembelajaran Inovatif6dalam Kurikulum42013. Yogyakarta:9Ar-Ruzz3Media
Sitepu, A. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Jakarta: Guepedia
Sulfemi,7W., B. (2019).4Model Pembelajaran7Kooperatif Mind3Mapping Berbantu9Audio Visual5dalam Meningkatkan8Minat, Motivasi5dan Hasil4Belajar IPS.7Jurnal Pendidikan8Ilmu Pengetahuan Sosial5Indonesia,
Susanti,4S. (2018).8Metode Mind3Mapping untuk5Meningkatkan Hasil3Belajar IPS di Sekolah.9Jurnal JPGSD, 1 (1), 12-22. Bisa5diakses melalui:4https://jurnal.2iain- bone.ac.id5/index.php/adara/article/view/429.
Sabarudin, M., Ayyubi, I. I. A., Rohmatulloh, R., & Indriyani, S. (2023). The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.43
Ula, W., R., R., et al. (2018). The4Implementation of8Problem Based3Learning with3Mind Mapping9to Improve4The Understanding4Student Of4Concept. Journal3Primary Education,47(2).
Utami,5N., M., Y., et al. (2019).6Pengaruh Model5Pembelajaran Kolaboratif5Berbantuan3Peta Pikiran6terhadap Hasil4Belajar IPA Ditinjau3dari Motivasi9Berprestasi. Jurnal9Ilmiah Pendidikan4Profesi Guru, 2 (2), 28-39.
Variani,3N., L. D. & Agung.7(2020). Model5Pembelajaran Discovery9Learning Berbantuan5Media8Mind Mapping4Terhadap Hasil6Belajar IPA4Siswa Kelas8V. Jurnal6Pedagogi danPembelajaran, 3 (2), 76-87.
Winoto, Y., C. (2020). Discovery7Learning terhadap9Kemampuan Berpikir4Kritis Siswa6Sekolah Dasar.3Jurnal Basicedu, 4 (2), 54-63.
Zuhdiana,5A. A., & Mawartningsih,6L. (2017).4Penerapan Model4Pembelajaran Mind9Mapping4dengan Media3Kartu untuk3Meningkatkan Hasil4Belajar Siswa. Proceeding9Biology Education4Conference, 14 (1), 157-167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adelia Deva Fitriana, Syailin Nichla Choirin Attalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.