Pembelajaran Inovatif berbasis Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Anak
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.562Keywords:
Pembelajaran Inovatif, Palikasi Quizizz, Pendidikan Agama Islam, Hasil BelajarAbstract
Penggunaan aplikasi Quizizz di bidang pendidikan, merupakan upaya seorang tenaga pendidik dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.Aplikasi Quizizz ini adalah Platform online untuk mengembangkan permainan kuis interaktif yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan interaktif.Untukmeningkatkan partisipasi siswa dan mengarah pada peningkatan motivasi dan hasil belajar. Aplikasi ini mampu membuat lingkungan belajar menjadi lebih menarik, menghibur.Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bagaimana penggunaan program Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas (PTK) . Sumber data dari siswa kelas 2C SDN Ronggomulyo I Tuban Tahun Ajaran 2022/2023 Semester 2. Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan penilaian, serta analisis dan refleksi merupakan tahapan-tahapan dalam penelitian ini. Penelitian ini terdapat dua siklus penelitian yakni Siklus 1 dan Siklus 2. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: (a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siklus I dengan menggunakan aplikasi Quizizz menghasilkan hasil belajar dari 28 siswa yang mengikuti, 19 diantaranya mendapat nilai hasil belajar di atas KKM dan 9 siswa masih di bawah KKM. KKM, dengan skor rata-rata 82.(b) Hasil siklus II diperoleh dari 28 siswa yang hadir, dengan skor rata-rata 87, dengan 23 di antaranya lebih dari KKM dan 5 siswa masih di bawah KKM. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan Quizizz untuk memperoleh pendidikan agama Islam memiliki efek positif.
Downloads
References
Farhani, S., Supangat, S., & Sinensis, A. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bigbook Tema 3 Tugasku Sehari-hari. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 84–97. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.277
Fasya, A., Darmayanti, N., & Arsyad, J. (2023). The Influence of Learning Motivation and Discipline on Learning Achievement of Islamic Religious Education in State Elementary Schools. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2711
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15.
Fawzi, T., & Dodi, L. (2022). Aspek Perkembangan Manajemen Pembelajaran Active Learning, Paikem Pada Kelas Unggulan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64–75. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.247
Fuadi, A., Nasution, W. N., & Wijaya, C. (2023). Management of Teacher Professionalism Development: A Multi-Site Study of State Madrasah Aliyah in Langkat Regency. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 180–199. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.444
Helwah, D. M., Arisati, K., & Mufidah, N. Z. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354
Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 27–38. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.226
Lubis, R. M., Suryani, I., Syahputra, A., & Sahila, W. (2023). The Importance of Islamic Education for The Mental Health of Youth in Using Social Media. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 88–103. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2703
Maulana, A., As-Syai, A. R., Irsahwandi, M., Mardianto, M., & Haidir, H. (2022). The Influence of Communication, Information, and Education (KIE) Through Leaflet and Video Media on Adolescents’ Knowledge and Attitudes About Exposure to Pornography. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 339–345. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.241
Mu’min, U. A. (2023). Construction of Islamic Character Education Values Based on Local Wisdom in Culture Kasepuhan and Kanoman Palaces. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 305–318. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.391
Munawaroh, N. T. A. (2021). The Use of Quizizz Online Software in the Evaluation of Arabic Learning. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 4(1), 29–46. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v4i1.31258
Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas Iv Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 122–138. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.61
Rohmah, H., Rena, S., Pahrurraji, P., & Syarif, F. (2023). Implementation of Multicultural Education Values in Senior High School. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), 78–94. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.29
Sabarudin, M., Ayyubi, I. I. A., Rohmatulloh, R., & Indriyani, S. (2023). The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), 129–142. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.43
Sholihah, A., Fauzi, A., & Agustyarini, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game PowerPoint Materi Siklus Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 158–165. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.367
Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395
Vieluf, S., & Göbel, K. (2019). Making intercultural learning in EFL lessons interesting – The role of teaching processes and individual learning prerequisites and their interactions. Teaching and Teacher Education, 79, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.11.019
Yamin, M., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Learning Management in Salaf Islamic Boarding Schools. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 25–36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Iftitahul Husniyah, Moh.Ansori, Fawaidatun R.N, Miss Ula Qothifatul, Erna Zumrotun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.