This is an outdated version published on 2020-09-29. Read the most recent version.

Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping

Authors

  • Rofi’ah Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.109

Keywords:

Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Mind Mapping

Abstract

Sikap jenuh dalam belajar adalah salah satu permasalahan yang mengakibatkan turunnya motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah 2 Kebudayaan Islam (SKI), yang harus dicari solusinya. Metode mind mapping yang diterapkan dalam kuliah SKI dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode pelaksanaan pembelajaran mind mapping pada mata kuliah SKI dapat : (1) meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) meningkatkan aktivitas siswa dan membuat kualitas, dan (3) peningkatan belajar siswa untuk membuat kreatif dan bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andres, H. P. (2019). Active teaching to manage course difficulty and learning motivation. Journal of Further and Higher Education, 43(2), 220–235. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1357073

Aqib, Z. (2009). Menjadi guru profesional berstandar nasional: Memuat standar nasional pendidikan UURI no. 20/2003 (Sisdiknas), UURI no. 14/2005 (guru dan dosen), PPRI no. 19/2005 (standar nasional pendidikan), PPRI no. 74/2008 (guru), delapan permendiknas (standar nasional pendidikan), Permendiknas no. 10/2009 (sertifikasi bagi guru dalam jabatan), Permendiknas no. 36/2007 (penyaluran tunjangan profesi bagi guru), Permendiknas no. 39/2008 (pembinaan kesiswaan). Yrama Widya.

Fardani, D. N. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(1), 69–74.

Haviz, M., Afwadi, A., Selamat, K., Maris, I. M., Hanif, A., Trisoni, R., & Effendi, Y. (2019). Investigating Students Knowledge and Social Awareness of the Community of Religious Social Activist Minangkabau: A Community Based Reseach In West Sumatra, Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 10–22. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i1.8657

Karim, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam (Ski) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. QUALITY, 1(2).

Keller, J. M. (1995). Motivation in cyber learning environments. International Journal of Educational Telecommunications, 1(1), 7–30.

Keller, J. M. (2008). First principles of motivation to learn and e3-learning. Distance Education, 29(2), 175–185.

Ma’arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA, 2(2), 35–60. http://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/624

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru (18th ed.). Remaja Rosdakarya.

Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461

Ngalimun, S. P., & Pd, M. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.

Nur Hakim, M., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148

Rahmat, M. (2018). Model Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Yang Damai, Moderat, dan Toleran. Nadwa, 12(1), 39–64. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2180

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed). McGraw-Hill.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed). Pearson.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suharsimi, A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (5th ed.). Kencana.

Syaiful Bahri, D., & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1291

Zuhairini (Ed.). (1992). Filsafat pendidikan Islam (Cet. 1). Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-09-29

Versions

How to Cite

Rofi’ah. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 33–40. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.109