Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Music and Movement

Authors

  • Fenny Alya Romadhona Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nadlir Nadlir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.568

Keywords:

Music and Movement, Kosa Kata, Bahasa Inggris

Abstract

Siswa kelas II MI Al-Fatimah Bojonegoro tidak memiliki penguasaan bahasa Inggris yang kuat, sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. 60% dari 30 siswa tidak mengerti Bahasa Inggris dan merasa kesulitan untuk mempelajari cara menulis dan mengucapkan setiap kosa kata. Hal ini diperparah dengan efek pandemi yang mengharuskan setiap anak membatasi gerak selama di kelas. Motivasi anak-anak dalam belajar bahasa Inggris juga sangat dipengaruhi oleh kurangnya sumber daya manusia untuk menerapkan teknik pengajaran kepada siswa dan minimnya peran orang tua dalam menginspirasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Pada kelas II MI Al-Fatimah Bojonegoro, penelitian ini bermaksud untuk merinci perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris berbasis “musik dan gerak”. Penelitian ini adalah studi kasus deskriptif kualitatif. 30 siswa kelas II MI A-Fatimah Bojonegoro dijadikan sebagai subjek penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan tes sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan proses analisis data deskriptif empat langkah yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian tersebut menghasilkan peningkatan yang cukup besar dalam kemampuan bahasa siswa serta perkembangan fisik, motorik, dan estetika mereka, dan media yang digunakan mampu membuat proses belajar mengajar lebih kreatif dan efisien. Berdasarkan hasil tes pre-test dan post-test siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dari keseluruhan siswa pada pre-test memperoleh nilai dengan rata-rata dibawah KKM yakni 60,1 dan setelah diberlakukannya music and movement siswa memperoleh rata-rata nilai di atas KKM dengan nilai 77,8. Persentase tersebut dari 24% siswa tidak melampaui nilai KKM menjadi 96% siswa yang melampaui KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miles; ,Huberman;. (2014). Model Analisis Interaktif Miles and Huberman . Jurnal Metodologi Riset Universitas Bina Pamlembang, 1-27.

Chaohui, Wang; dkk. (2012). Impact of Tourists Perceived Value on Behavioral. Intention for Mega Events: Analysis of Inbound and Domestic Tourists at Shanghai World Expo 22 No. 6. Chin Georga Sci, 746.

Education, F. (2022). Indeks Kecakapan Bahasa Inggris. Education First Indonesia (p. 221). Jakarta: EF EPI.

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi ( Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam Cetakan Pertama. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Fridayanti, Arie; , Tahrun; , Mulyadi;. (2021). Increasing Kindergarten Students’ Vocabulary and Learning Interest Through English Kids Songs at Palembang Paramount School. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang. Journal Atlantis Press, 684-687.

Gunawan, G. M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas V Di SDN Nagri Kaler Kbupaten Purwakarta. UPI Education Jurnal, 4.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 717-733.

Hasibuan, V. P., Buan, S., & Bunau, E. (2013). An Analysis On The Factors Caushing English Learning Difficulties. JPPK (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa), 1-16.

Hayati. (2018). Evaluasi Pemanfaatan Media Audio Gelaria (Gerak dan Lagu Anak Ceria) 20 No. 2. Jurnal Teknodik, 171-182.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) Pada Paud. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 133-140.

Pasaribu, A. N., Sibarani, A. S., & Rangkuti, D. D. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.

Putra, Komang Teguh Hendra Putra; dkk. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Tamwifi, I. (2014). Metodologi Penelitian. Surabaya: UINSA Press.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Sekolah Tinggi Thelogia Jaffray.

Wulandari, D. N. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika 18 No. 2. Paradigma-Jurnal Komputer Dan Informatika, 4.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Romadhona, F. A. ., & Nadlir, N. (2023). Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Music and Movement. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 342–352. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.568