Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Berbantukan Flipbook Maker

Authors

  • Amar Salahuddin Universitas Dharmas Indonesia
  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Amelisa Anggun Okta Dilla Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.456

Keywords:

E-Book, Cerita Bergambar, Membaca, Flipbook Maker, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan kegiatan belajar pendidik hanya terpaku menggunakan bahan ajar cetak tanpa menggunakan bahan ajar yang kreatif dan menarik. Dalam mengatasi permasalahan diatas dibutuhkan bahan ajar kreatif dan menarik seperti e-book cerita bergambar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca  dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book cerita. Jenis Penelitian menggunakan model ADDIE. Uji coba ini dilaksanakan pada 10 peserta didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Koto Salak. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi, uji praktikalitas dan efektivitas. Hasil pengembangan e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca  dikategorikan sangat validasi, berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator (96,16%) dikategorikan sangat valid. Aspek kepraktisan kuesioner responden pendidik dan peserta didik dengan persentase (92,01%) dikategorikan sangat praktis. Aspek efektivitas dengan perolehan (90%) dikategorikan efektif. Maka disimpulkan bahwa e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca berbantukan flipbook maker untuk mendukung kurikulum merdeka kelas IV SDN 06 Koto Salak pada materi sistem barter valid, praktis, dan efektif  saat diaplikasikan pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 279–289. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339

Atmadja, O. S., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2015). Perancangan Buku Digital Panduan Perjalanan Wisata Pengendara Sepeda Motor Di Pulau Madura. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1–12.

Auliyah, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Tema 3 Subtema 3 “Ayo Cinta Lingkungan” Kelas Iv Sekolah Dasar. Repository.Usd.Ac.Id.

Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15.

Firmansyah, C., Ubaidillah, U., & Busriyanti, B. (2023). Design of The “Merdeka Belajar” Program for Students of High School Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.328

Friska, S. Y., & Nanda, D. W. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika …, 10(2), 313–324. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13013

Hanifah. (2014). At-Tajdid. In Jurnal Ilmu Tarbiyah (Vol. 3).

Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA?: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.15

Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 27–38. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.226

Margaretha, D. A., Nadlif, A., Astutik, A. P., & Hasan, S. (2023). Independent Learning-Independent Campus Policy Innovation at State Aliyah Madrasas. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2942

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Nasution, S. W. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nurkhasanah, U., Barnoto, B., Hasan, M. S., & Ashari, A. (2023). Madrasa Principal’s Strategy in Improving the Quality of the Pandemic Era Learning Process at Madrasah Aliyah. Dirasah: International Journal of Islamic Studies, 1(1), 48–56.

Paramita, G. A. P. P., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499

Rahayu, R., Siahaan, A., Syukri, M., & Rofiq, M. H. (2023). The Contribution of Communication Climate and Achievement Motivation to the Performance of Elementary School Teachers. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 197–206. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.234

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115–133. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Salahuddin, Amar& Jayanty, V. (2021). MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ). In MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ).

Santoso, Drs. H. (2017). Membangun Minat Baca Anak usia Dini melalui Penyediaan Buku Bergambar. Jurnal Pendidikan, (April), 7–9.

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395

Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65

Sutrisno, S., Hayati, H., Saputra, N., Arifin, S., & Kartiko, A. (2023). The Influence of The Head of Madrasah and Infrastructure Facilities on The Quality of Education Through Teacher Competence. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 274–288. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.423

Tantiana Ngura, E., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Citra Bakti, S. (2018). Pengembangan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan perkembangan sosial anak usia dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6–14.

Wardiyah, J., Budianti, Y., Farabi, M. A., & Sirojuddin, A. (2023). Merdeka Belajar Activity Unit at Madrasah Aliyah: Program Evaluation Study Using CIPP Method. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 119–138. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2633

Wibowo, E. (2018). Development of E-Module Teaching Materials Using the Kvisoft Flipbook Maker Application. In Skripsi.

Yanti, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika. Universitas Negeri Padang, (September).

Zaini, M., Barnoto, B., & Ashari, A. (2023). Improving Teacher Performance and Education Quality through Madrasah Principal Leadership. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 79–90. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i2.23

.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Salahuddin, A. ., Friska, S. Y. ., & Okta Dilla, A. A. (2023). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Berbantukan Flipbook Maker. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 149–158. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.456