Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483Keywords:
E-modul Pendidikan, Plomp, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan ialah bukan hanya pengembangan manusia yang cerdas tetapi juga berakhlak dan keterampilan dalam beragama sehingga dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Pada penelitian ini peneliti ingin mengembangkan E-Modul di mana E-Modul merupakan modul elektronik untuk bisa dibuat lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Model yang dipakai ialah model Plomp penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu Tahap penelitian pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Jenis pengumpulan data yang dilakukan pengambilan pada penelitian ini ialah data primer. Pengembangan instrumen digunakan yakni lembar observasi, wawancara. Efektivitas, praktikalitas dan juga validitas. Teknik penghimpunan data memakai teknik observas, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis yag digunakan memakai efektivitas, praktikalitas dan juga validitas. Terdapat bebrapa hasil validasi dari ahli materi yaitu 96% disebut dengan sangat valid, hasil validasi dari ahli konstruk yaitu 100% dengan kategori Sangat Valid, dan hasil validasi oleh ahli bahasa 95% dengan kategori Sangat Valid. Hasil analisis data angket respon guru memperoleh rata-rata 96,5% dengan kategori Sangat Praktis. Berdasarkan hasil uji coba One-to-one respon siswa mencapai 90,6% dengan kategori Sangat prakis, dan uji coba Small Group Evaluation memperoleh hasil 91,8% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil analisis data efektifitas dari hasil Pengetahuan sebesar 86%, penilaian ranah sikap sebesar 85%, dan penilaian ranah keterampilan sebesar 84%, dengan nilai rata-rata akhir yaitu sebesar 79,6% dikategorikan Efektif.
Downloads
References
Angga, cucu suryana, ima nurwahidah. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010–3019. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1223
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Ardiansyah, A. A., & Erihadiana, M. (2022). Strengthening Religious Moderation as A Hidden Curriculum in Islamic Religious Universities in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1965
Azzara, R. I., & Juwitaningsih, T. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia di SMA. Syntax, 4(8).
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Estuhono. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Pada Keterampilan 4C Tema Benda Dan Sifatnya Di Sekolah Dasar. 1NTARI, NI, 173–180.
Estuhono. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Riset dalam Fisika untuk Siswa Abad 21. 14. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1268
Estuhono, Festiyed, & Bentri, A. (2019). Penelitian Pendahuluan Pengembangan model pembelajaran berbasis penelitian terpadu dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika di SMA. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012041
Garba, K. A., & Yakubu, A. (2022). Afterlife as Motivation for Later Life Education among Elderly Women: Evidence from Bauchi Emirate North-Eastern Nigeria. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i2.164
Haryadi, D., & Widodo, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.558
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Lafrarchi, N. (2020). Assessing Islamic Religious Education Curriculum in Flemish Public Secondary Schools. Religions, 11(3), Art. 3. https://doi.org/10.3390/rel11030110
Lubis, M. S. A., Fatmawati, E., Pratiwi, E. Y. R., Sabtohadi, J., & Damayanto, A. (2022). Understanding Curriculum Transformation Towards Educational Innovation in The Era of All-Digital Technology. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2110
Mardhiah, A., & Rijal, F. (2023). Learning Strategy for Lecturers of PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh During the Covid-19 Period. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.498
Muhaimin. (2005). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam: Di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi. RajaGrafindo Persada.
Nira, R. D., & Fauziyah, Y. (2021). Development of Arabic Curriculum in Improving Pedagogic Competence of Lecturer Ma’had Umar Bin Al-Khattab. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1480
Rahim, F. R. (2019). Implementasi Research Based Learning (RBL) pada Mata Kuliah IPA Terpadu di Pro-gram Studi Pendidikan Fisika. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 82. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/321
Rahmi, Y., Johari, A., & Sadikin, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Penentuan Jenis Kelamin Serangga untuk Kelas XII SMA. Biodik, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16151
Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9
Siregar, F. S., Hafiz, M. S., & Pradesyah, R. (2022). Model Kecakapan Intelektual dan Kecakapan Emosional Terhadap Keputusan Berpartisipasi Mahasiswa dalam Program MBKM Luar Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.228
Supriatna, U. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Ta’Limuna, 10(01), 42–54.
Tania, L. (2016). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya Joni Susilowibowo Abstrak. Pengembangan Bahan Ajar EModiul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal, 1–9.
U.S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Estuhono Estuhono, Aditya Aditya, Dwi Novri Asmara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.