Implementasi Media Daun Bunga Sepatu Untuk Mengembangkan Ketrampilan Sains Anak Usia Dini

Authors

  • Helina Himmatul ‘Ulya Lina Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora
  • Sulaiman Sulaiman Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang
  • Asrul Faruq Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v12i1.624

Keywords:

Hibiscus Leaf Media; Science Skills

Abstract

This research aims to investigate the application of hibiscus leaf media as a learning tool in developing science skills in early childhood. This research focuses on children aged 4-5 years, RA Hidayah Tayu's child as the research subject. The research method involves the development and implementation of a science curriculum that utilizes hibiscus leaves as a learning tool. Data was collected through participant observation, field notes, and evaluation of concept understanding. The results of this research show that the use of hibiscus leaf media can stimulate young children's interest in science skills and help develop children's initial understanding of scientific concepts. This research makes an important contribution in the context of early childhood education, by showing the potential of hibiscus leaf media as an effective learning tool for developing science skills in children's early development stages. The results of the research show that the implementation of hibiscus leaf media to develop science skills in early childhood is fun and interactive learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Arum. Wawancara Orang Tua Wali Murid Ananda Nayla. Pati: Teras RA Hidayah, Senin 2 Oktober 2023, Pukul 10.00 WIB, n.d.

Barnawi, Novan Ardy Wiyani dan. Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Dokumen. Hasil Peningkatan Perkembangan Capaian Anak RA Hidayah Tayu. Pati: 4 Oktober 2023, n.d.

———. Penilaian Anak RA Hidayah. Pati: 3 Oktober 2023, n.d.

Dokumentasi. Pembelajaran Sains. Pati: RA Hidayah tanggal 2 Oktober 2023, n.d.

Fatmawati, Dewi, and Mallevi Agustin Ningrum. “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Pada Anak Kelompok B Tk Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.” Jurnal PAUD Teratai, Vol 8 No 3 (2019): 2.

Hidayatul Munawaroh. “Implementasi Pembelajaran Sains AUD Melalui Permainan Terapung Dan Tenggalam Di RA Masjid Al-Azhar Bukit Permata Puri Kec. Ngaliyan Kota Semarang.” Wahana Akademika, Vol. 4 No. (n.d.): 238.

Jateng, PAUD. Contoh Format Evaluasi Penilaian PAUD. Semarang: diakses pada 4 Oktober Pukul 22.01 WIB, n.d.

Kaelan. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner Survei. Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Kemdikbud. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan AUD, n.d.

———. Penyusunan KTSP 2013 PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD, 2015.

Lestari Oktafiah. “Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B1 PAUD KEmala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu.” Bengkulu: Prodi PAUD:UB, 2014, 33.

Lia Sari. Wawancara Orang Tua Wali Murid Ananda Fanya. Pati: Teras RA Hidayah, Senin 2 Oktober 2023, Pukul 11.00 WIB, n.d.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Maria Melita Rahardjo, Sisilia Maryati. “Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran Satuan PAUD,” n.d., 6.

———. Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran Satuan PAUD, n.d.

———. Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Edisi I, 2021.

Masri Singaribun and Sofian Efendi. Metodologi Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2005.

Nur Laeli. Hasil Wawancara Inovasi Pembelajaran Menggunakan Metode Eksperimen. Pati: Kantor Kepala Sekolah RA Hidayah, Sabtu 30 September 2023, Pukul 12.00 WIB, n.d.

———. Hasil Wawancara Minat Anak Usia Dini. Pati: Kantor Kepala Sekolah RA Hidayah, Sabtu 30 September 2023, Pukul 10.00 WIB, n.d.

Oktarani, Vanni Miza. “Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Padang.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2017): 49–57.

Peneliti. Hasil Observasi Di RA Hidayah. Pati: 2 Oktober 2023, n.d.

———. Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran RA Hidayah. Pati: 1 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB, n.d.

Puji Lestari. Wawancara Orang Tua Wali Murid Ananda Akbar. Pati: Teras RA Hidayah, Senin 2 Oktober 2023, Pukul 10.30 WIB, n.d.

Rusprihati. Hasil Wawancara Dari Guru Kelas RA Hidayah Tayu. Pati: 3 Oktober 2023, n.d.

———. Hasil Wawancara Meningkatkan Ketrampilan Sains Anak. Pati: Guru kelas, ruang guru RA Hidayah, Sabtu 30 September 2023, Pukul 08.00 WIB, n.d.

———. Hasil Wawancara Wali Kelas RA Hidayah Tayu. Pati: Ruang guru RA Hidayah, 2 Oktober 2023, n.d.

———. Hasil Wawancara Wali Kelas RA Hidayah Tentang Penilaian Anak. Pati: di ruang guru, 3 Oktober 2023, n.d.

———. Hasil Wawancara Wali Kelas Tentang Penilaian Anak RA Hidayah. Pati: di ruang guru, 4 Oktober 2023, n.d.

Sonnia. Meningkatkan Aktifitas Sains AUD Melalui Metode Berkebun. Lampung: UIN, 2021.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.

———. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.

Syifa Ana. Wawancara Orang Tua Wali Murid Ananda Raka. Pati: Teras RA Hidayah, Senin 2 Oktober 2023, Pukul 12.00 WIB, n.d.

TEKNOLOGI, KEMENDIKBUD RISET &. Keputusan Tentang Capaian Perkembangan PAUD,SD,SMP,SMA Pada Kurikulum Merdeka, n.d.

———. Keputusan Tentang Capaian Perkembangan PAUD,SD,SMP,SMA Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta, 2022.

Ulfa, Maria. Wawancara Orang Tua Wali Murid Ananda Wirda. Pati: Teras RA Hidayah, Senin 2 Oktober 2023, Pukul 11.30 WIB, n.d.

Yohana Rumanda. Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Menyenangkan Melalui Bermain. Jakarta: Dirgen PAUD, 2011.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

‘Ulya Lina, H. H., Sulaiman, S., & Faruq, A. (2025). Implementasi Media Daun Bunga Sepatu Untuk Mengembangkan Ketrampilan Sains Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v12i1.624

Issue

Section

Articles