INTERELASI ORANGTUA, GURU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS DARUL FALAH JOMBANG

Authors

  • Ida Fitri Shobihah STAI Daruttaqwa Gresik
  • Putri Ziana Walidah MI Plus Darul Falah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.92

Keywords:

Interaksi Orang tua

Abstract

Siswa adalah masa depan bangsa. Membentuk karakter siswa merupakan tanggung jawab guru dan orang tua. upaya membentuk karakter anak melalui pendidikan sudah dilakukan sejak zaman kolonial. Berbagai penelitian juga dilakukan untuk mengefektifkan proses pembentukan karakter tersebut. Tetapi, hambatan-hambatan yang berasal dari peran guru dan orang tua itu sendiri masih menjadi problematika yang urgent. Permasalahan sosial pada anak usia sekolah dasar yang tak kunjung selesai, tawuran dan perilaku seks yang tidak patut dilakukan oleh anak telah dilakukan. Maka dari itu, menemukan formula yang tepat dalam pembentukan karakter siswa menjadi semakin penting. Menemukan pola interelasi orang tua, guru dan anak itu sendiri dalam proses pembentukan karakter dapat menjadi jawaban atas hambatan-hambatan dalam proses tersebut. Sehingga penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian: 1) bagiamana pola interelasi orang tua, guru dan anak dalam membentuk karakter siswa? 2) apa saja faktor yang mempengaruhi pola interelasi orang tua, guru dan anak dalam membentuk karakter siswa? Hasil menunjukkan bahwa terdapat dua pola interelasi yaitu melalui bertatap muka secara langsung dan melalui komunikasi tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi yaitu integritas guru dan respons orang tua. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinova, Danu Eko. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter di Sekolah Islam Terpadu Studi Kasus

SDIT Al-Hasna Klaten. SOCIA Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, vol.12, no.1, 12-18.

Arifin. (2017). Membangun karakter siswa sebagai kontribusi terhadap karakter bangsa melalui

pendekatan psikologis. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, Vol.1, No.1.

Creswell, John W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas dalam Proses

Belajar Mengajar. Ta’dib, Vol.XIV, No.2, h,273-303.

Hurlock, Elizaeth B. (1994). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kementrian Pendidikan Nasioal. (2010). Pusat kurikulum kemetrian pendidikan nasional, Jakarta.

Krisnawanti, Aprilia. (2016). Kerjasama Guru dengan Orang tua dalam Membentuk Karakter Disiplin

Siswa Kelas V SD Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 18 tahun

ke5.

Kurniawan, Machful Idra. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi

analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Journal Pedagogia,

vol.4, No.2.

Lestari, Sri. (2009). Pembentukan karakter pada anak: Model mekanisme sanksi diri dari albert

Bandura sebagai regulasi perilaku moral, Buletin Psikologi, vol. 17, no. 1.

Muhsin, Ali. (2017). Upaya Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Dusun Sumbersuko Desa

Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Dinamika, Vol.2, No.2.

Nugraha, Ariadi dan Fuad Aminur Rahman. (2017). Strategi Kolaborasi Orang tua dengan Konselor

dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, vol.3, no.1.

Patimah, Siti. (2012). Formalisme Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal JJP Vol.XVII, no.1.

Pusitaningntyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang tua dan Guru Terhadap Kreativitas Anak.

proceeding of ICECRS, Vol.1, h.935-942.

Syamsi, Nur. (2015). Membentuk karakter peserta didik melalui proses pembelajaran oleh guru kelas

di MI/SD. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Vol.4, edisi 1.

.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Shobihah, I. F., & Walidah, P. Z. (2021). INTERELASI ORANGTUA, GURU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS DARUL FALAH JOMBANG. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.92