INTERELASI ORANGTUA, GURU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS DARUL FALAH JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.92Keywords:
Interaksi Orang tuaAbstract
Siswa adalah masa depan bangsa. Membentuk karakter siswa merupakan tanggung jawab guru dan orang tua. upaya membentuk karakter anak melalui pendidikan sudah dilakukan sejak zaman kolonial. Berbagai penelitian juga dilakukan untuk mengefektifkan proses pembentukan karakter tersebut. Tetapi, hambatan-hambatan yang berasal dari peran guru dan orang tua itu sendiri masih menjadi problematika yang urgent. Permasalahan sosial pada anak usia sekolah dasar yang tak kunjung selesai, tawuran dan perilaku seks yang tidak patut dilakukan oleh anak telah dilakukan. Maka dari itu, menemukan formula yang tepat dalam pembentukan karakter siswa menjadi semakin penting. Menemukan pola interelasi orang tua, guru dan anak itu sendiri dalam proses pembentukan karakter dapat menjadi jawaban atas hambatan-hambatan dalam proses tersebut. Sehingga penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian: 1) bagiamana pola interelasi orang tua, guru dan anak dalam membentuk karakter siswa? 2) apa saja faktor yang mempengaruhi pola interelasi orang tua, guru dan anak dalam membentuk karakter siswa? Hasil menunjukkan bahwa terdapat dua pola interelasi yaitu melalui bertatap muka secara langsung dan melalui komunikasi tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi yaitu integritas guru dan respons orang tua.
Downloads
References
Agustinova, Danu Eko. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter di Sekolah Islam Terpadu Studi Kasus
SDIT Al-Hasna Klaten. SOCIA Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, vol.12, no.1, 12-18.
Arifin. (2017). Membangun karakter siswa sebagai kontribusi terhadap karakter bangsa melalui
pendekatan psikologis. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, Vol.1, No.1.
Creswell, John W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas dalam Proses
Belajar Mengajar. Ta’dib, Vol.XIV, No.2, h,273-303.
Hurlock, Elizaeth B. (1994). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kementrian Pendidikan Nasioal. (2010). Pusat kurikulum kemetrian pendidikan nasional, Jakarta.
Krisnawanti, Aprilia. (2016). Kerjasama Guru dengan Orang tua dalam Membentuk Karakter Disiplin
Siswa Kelas V SD Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 18 tahun
ke5.
Kurniawan, Machful Idra. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi
analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Journal Pedagogia,
vol.4, No.2.
Lestari, Sri. (2009). Pembentukan karakter pada anak: Model mekanisme sanksi diri dari albert
Bandura sebagai regulasi perilaku moral, Buletin Psikologi, vol. 17, no. 1.
Muhsin, Ali. (2017). Upaya Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Dusun Sumbersuko Desa
Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Dinamika, Vol.2, No.2.
Nugraha, Ariadi dan Fuad Aminur Rahman. (2017). Strategi Kolaborasi Orang tua dengan Konselor
dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, vol.3, no.1.
Patimah, Siti. (2012). Formalisme Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal JJP Vol.XVII, no.1.
Pusitaningntyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang tua dan Guru Terhadap Kreativitas Anak.
proceeding of ICECRS, Vol.1, h.935-942.
Syamsi, Nur. (2015). Membentuk karakter peserta didik melalui proses pembelajaran oleh guru kelas
di MI/SD. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Vol.4, edisi 1.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ida Fitri Shobihah, Putri Ziana Walidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.