EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI OPTIK YAURI (Studi Kasus Dalam Analisis Islamic Studies di Optik Yauri Medan Marelan)
DOI:
https://doi.org/10.54069/attaqwa.v17i02.84Keywords:
Efektivitas Komunikasi Interpersonal, Analisis Islamic StudiesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas komunikasi interpersonal antara owner dan karyawan dan kendala yang dihadapi owner terhadap karyawan dalam komunikasi interpersonal di Optik Yauri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendektan studi kasus di Optik Yauri Medan Marelan. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya efektivitas komunikasi interpersonal dalam analisis Islamic studies di Optik Yauri dengan studi kasus di Medan Marelan, ada beberapa komunikasi interpersonal yang mengalami tahap interaksi dan relasi tertentu yang tingkatan akrabnya dimulai dari tingkat akrab hingga tingkat perpisahan, hal ini akan berulang kembali terus menerus sepanjang ada rasa kecocokan atau kimistri diantara mereka. Adapun kendala komunikasi yang sering terjadi di Optik Yauri, yaitu pada saat pekerjaan berlangsung terdapat beberapa karyawan yang tidak fokus terhadap arahan yang dijelaskan oleh owner, namun mereka (karyawan) saling berkomunikasi (komunikasi antarpribadi) menggunakan bahasa sehari-hari.
Downloads
References
Afrilia, Ascharisa. Mettassatya. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol 11 (1). h.20-30 DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
Ahadi, Nopri. 2010. Pengantar Manajemen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Amitai, Etzioni, 1985, Organisasi-Organisasi Modern, UI Press, Jakarta
Bambang A.S . 2014. “Perbedaan Model Dan Teori Dalam Ilmu Komunikasi” dalam HUMANIORA VOL 5 NO 2. Jakarta : Universitas Bina Nusantara, h. 1153-1160, DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3255
Effendi, Usman. 2015. Asas Manajemen. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Hanani, Silvia. 2017, Komunikasi Antar Pribadi, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Indrawijaya, A.I. 2010. Teori, Perilaku, dan Budaya Organsasi. Bandung:Refika Aditama
Kemenkes. 2017. Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kemenkes.
Koentjraningrat. 1993. “Metode-metode penelitian masyarakat”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Lawarance, Appley A dan Liang Oey. 2010. Pengantar Manajemen. Salemba Jakarta
Lestari, AF. 2016. Pengaruh Efektivitas Program Corporate SocialResponsibility (CSR) PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI)Terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol KotaCilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Moleong, Lexy J. 2007. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2014, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2015. “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mustafa, AA. 2015. Efektivitas Program Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin(KUBE-FM) di Kota Makassar.Makassar : Universitas Hasanuddin,
Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2013. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Terj. Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Pratiwi Monica dan Nurcahyanto Herbasuki. 2017. Efektivitas Program Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Pasien Pengguna Jasa Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Srondol). Jurnal of public policy and management review. Undip. Volume 6. Nomor 2. h. 29-30, DOI: 10.14710/jppmr.v6i2.16050
Q.S Al-Hujurat : 13
Rizal Khadafi, Dyah Mutiarin. 2017. Efektifitas program bantuan keuangan khusus dalam mengentaskan kemiskinan di kabupaten Gunungkidul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Stephen P, Robbins. 2010. Diterjemahkan oleh : Hadyana Pujaatmaka. Perilaku Organisasi. Prenhalindo, Jakarta
Yusuf, A Muri. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : Kencana
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/112976/permenkes-no-1-tahun-2016. Diakses 22 Juni 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Abdul Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.