PENGUATAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KISAH-KISAH ALQURAN PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI

Authors

  • Muhammad Faisal STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.212

Keywords:

Nilai Pendidikan Karakter,, Kisah-kisah Alquran, Tafsir tarbawi

Abstract

Kisah-kisah dalam Alquran merupakan pelajaran yang penting bagi umat manusia untuk hidup lebih baik di dunia ini, berbagai mcama peristiwa-peristiwa yang diungkap dalam Alquran baik berupa kisah mengenai kebaikan, hikmah maupun Azab. Seduangguhnya itu menjadi pelajaran yang nyata bagi manusia. Dalam kisah-kisah Alquran banyak mengandung nilai-nilai yang dapat dilihat dari kaca mata pendidikan terutama pendidikan karakter. Kisah-kisah tersebut banyak mengandung nilai-nilai pendidikan moral, akhlah, tauhid, dan sebagainya. Tujuan topik ini dibahas ialah untuk menggali lebih dalam mengenai penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada kisah-kisah yang terdapat dalam Alquran. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif, kemudian jenis penelitian berupa studi kepustakaan (library reasearch), juga menggunakan pendekatan tafsir tarbawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisah-kisah yang terdapat dalam Alquran terutama dalam kisah Nabi Ibrahim serta kisah lukman al-Hakim memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang kuat didalamnya. Dimana nilai-nilai pendidikan karakter berupa tauhid, akhlak, moral, serta tanggung jawab tergambarkan dengan jelas padanya. Seyogyanya kaum muslim perlu bercermin dari pelajaran dan hikmah yang terdapat dalam kisah-kisah tersebut demi terwujudnya generasi berpendidikan karakter yang kuat serta membentuk kepribadian muslim yang taat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syeikh, A. b. (2005). Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka imam Syafi’I.

AM, R. (2019). Penafsiran Kisah Luqman Dalam Alquran: Relevansinya dengan Pendidikan Keimanan dalam Keluarga. jurnal Ulunnuha, 8(1), 110.

Anshori, M. (2020, Agustus ). Pengaruh Kisah-Kisah Alquran dan Dalam Aktivitas Pendidikan. Pengaruh Kisah-Kisah Alquran dan Dalam Aktivitas Pendidikan, 3(2), 166.

Baidan, N. (2011). wawasan Baru Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmayanti, H. (2019, januari-Juni ). Kisah-kisah Dalam Alquran Dalam Perspektif Pendidikan. jurnal Edukatif, 5 (1), 61.

Fitri, A. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Alquran dan Hadis. Jurnal Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam(2), 44.

Haris, A. (2021, Februari ). kajian Kisah-Kisah Dalam Alquran (Tinjauan historis dalam memahami al-Qur’an). jurnal penelitian dan pemikiran KeIslaman, 5(1), 64.

Imam rinaldi, A. Z. (2018, April-Juni ). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Alquran (Kajian Kisah Nabi Daud AS). jurnal Edu Religia, 2(2), 198.

Johansyah. (2011). Pendidikan karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. jurnal ilmiah Islam Futura, XI(1), 87.

Ma’zumi, d. (2021, Juni ). Nilai Pendidikan Dalam ‘Ibrah Qashash Alquran (Analisis Sintesis Terhadap kisah-kisah Alquran), Dalam Jurnal Pendidikan Jawara. Jurnal Pendidikan Jawara, 7(1), 27.

Rahmansyah, A. Z. (2019, Oktober-Desember ). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Ash-Habul kahfi (Analisis Kajian Alquran Surah Al-Kahfi: 9-26). jurnal Edu-Riligia, 3(4), 464.

Susilawati. (2016). Nilai-Nilai Melalui Kisah Dalam Alquran. jurnal Baleja: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 3.

Yunus, B. M. (2016, Juni). Tafsir Tarbawi. Junal al-Bayan: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir, 1(1), 5.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Faisal, M. (2022). PENGUATAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KISAH-KISAH ALQURAN PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 34–45. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.212

Issue

Section

Articles