KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD AL-FATIH: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Hasan Basri Hasan Basri UIN SUSKA Riau
  • Muslim Afandi Muslim Afandi UIN SUSKA Riau

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v19i1.382

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Muhammad Al-Fatih, Systematic Literature Review

Abstract

Nilai pendidikan Islam memiliki tiga karakter utama yang mengacu pada pencarian ilmu pengetahuan, pengembangan kepribadian, dan tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan penyusunan karya ini untuk menelaah konsep Muhammad al-Fatih dengan nilai pendidikan islam. Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan karya ini adalah Systematic Literature Review. Untuk mendapatkan data penulis mengumpulkan data melalui Google Scholar semenjak tahun 2014-2023. Penulis melakukan sortir dari sekian banyak artikel tersebut menjadi sejumlah 10 artikel yang memiliki nilai inklusi dan dikatakan sebagai eligible. Hasil penyusunan karya ini yaitu: 1). Kontribusi pada pemerintahan Turki Utsmani seagai pemimpin dengan karakter hebat. 2) Sosok pembaharu peradaban pendidikan dengan berbagai perombakan baik fisik, peningkatan kualias hingga kelayakan gaji seorang pendidik. 3) Pendidikan Islam menekankan pentingnya pencarian ilmu pengetahuan yang dilandasi oleh ibadah kepada Allah SWT dan digunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia serta membangun masyarakat yang lebih baik. 4). Pendidikan Islam memberikan perhatian besar terhadap pengembangan kepribadian individu dengan mengajarkan nilai-nilai Islam yang bermanfaat bagi perkembangan kepribadian, seperti kejujuran, keikhlasan, kerja keras, dan kesabaran. 5). Pendidikan Islam menekankan tanggung jawab moral dan pengembangan diri yang seimbang antara pengetahuan dan nilai moral untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanto, Dwi, “Relevansi Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih Dengan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam,” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2.1 (2022), 63–81

Ariandi, Ricci, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix Y Siauw” (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2022)

Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, M Anwar Sadat, dan Mery Fittria, “Sejarah Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih Sebagai The Best Leader,” Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1.2 (2020), 99–109

Fathoni, Tamrin, “Strategi Komunikasi dalam Pembinaan Akhlak Santri Madrasah Diniah Imaaniyyah Bedingin Sambit Ponorogo,” Journal of Communication Studies, 2.2 (2022), 120–30

Hariyono, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Sejarah Muhammad Al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi”

Irham, Hasan, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw” (Pendidikan Agama Islam, 2018)

Irmiani, Yutia, “Konsep Mendidik Anak Menurut Islam (Analisis Terhadap Buku The Great Mothers Karya Ibnu Marzuqi Al-Gharani)” (UIN Raden Fatah Palembang, 2020)

Norhayati, Norhayati, “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Film Battle Of Empires Fetih 1453,” 2022

Nurma, Nurma, “Strategi Penanganan Dekadensi Moral Remaja (Studi Kasus Di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara)” (IAIN BENGKULU, 2021)

Priyadi, Yusuf, “Kontribusi Muhammad Al-Fatih (1429-1481 M) Pada Pendidikan Islam Di Pemerintahan Turki Utsmani” (UIN Raden Intan Lampung, 2017)

Putra, Aan, dan Kesi Afrilia, “Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4.2 (2020), 110–22

Putri Faizah, Putri Faizah, M Hurmaini, dan Nasir Nasir, “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Muhammad Al- Fatih 1453 Karya Felix Siauw” (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021)

Putri, Huti Salfana, dan Muhammad Alfian, “Nilai Akhlak Dalam Sosok Muhammad Al-Fatih Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional Di Indonesia,” The Character: Journal of General and Character Education, 1.2 (2022), 13–26

Qiptiyah, Titin Mariatul, “Pendidikan Akhlak Pada Anak ‘Perspektif Al-Qur’an dan Hadist,’” Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2 (2020), 108–20

Rahmatullah, Muhammad Asep, “Jejak Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih,” DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal), 2.2 (2022), 261–69

Ridwan, Muhammad, dan Nurhasanah Bakhtiar, “Nilai-Nilai Pendidikan Dan Dakwah Muhammad Al-Fatih Sebagai Penakluk Konstantinopel,” Wardah, 21.1 (2020), 50–65

Ulum, Bahrul, “Metode Dakwah Sultan Muhammad Al-Fatih Pada Masa Dinasti Utsmaniyah,” 2020

Zanah, Ro’ikhatul, “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pemuda Perspektif Muhammad Al-Fatih dalam Buku Muhammad Al-Fatih Karya Aly Muhammad Ash-Shalabi dan Relevansinya dengan Kepemimpinan Pendidikan Islam” (IAIN Ponorogo, 2023)

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Hasan Basri, H. B., & Muslim Afandi, M. A. (2023). KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD AL-FATIH: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 48–58. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v19i1.382

Issue

Section

Articles