PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI KELAS X SMAN 1 MERANGIN

Authors

  • Muhammad Nuzli Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko
  • Hamisah SD Negeri 282/VI Bangko XV

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.219

Abstract

Berbagai fenomena terjadi dalam proses pembelajaran, yang sebagian besar terjadi termasuk interaksi dalam pembelajaran yang belum mampu membuat siswa fokus belajar dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta tetap mengutamakan efektivitas dalam mencapai tujuan pembelajaran. Temuan awal dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Merangin belum melihat pembelajaran yang efektif dengan memanfaatkan teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru PAI dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja pembelajaran PAI melalui pemanfaatan teknologi pendidikan di SMA Negeri 1 Merangin dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam memanfaatkan teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerjanya dalam proses pembelajaran. Penelitian telah dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan berbagai metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dan informasi yang diperoleh dianalisis dengan melakukan pengurangan data, tampilan data, dan pemanfaatan data, sehingga hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan kinerja yang dilakukan oleh sekolah telah memaksimalkan penyediaan teknologi berupa fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru PAI, seperti penyediaan jaringan internet gratis. lingkungan sekolah, proyektor LCD, laptop, dan sebagainya. Namun, dari fasilitas teknologi pendidikan tersebut, guru PAI terkendala dalam memanfaatkannya dengan fasilitas penunjang teknologi pendidikan yang tersedia, sehingga hal ini menghambat guru PAI dalam meningkatkan kinerja dalam proses PAI di SMA Negeri 1 Merangin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan, Bungin. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. .Jakarta: Kencana Media Group, 2007.

Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Cet Ke 2. Depok: Raja Grafindo, 2014.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Pribadi, Beni A. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran, Cet. Ke-2. Jakarta : Kencana, 2019.

Rozak, Abd. dkk. Kompilasi Undang-undang dan Peraturan Bidang Pendidikan. Jakarta: FITK Press, 2010.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standard dan Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.

—. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta , 2010.

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, dan Aditin Putra. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Nuzli, M., & Hamisah. (2022). PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI KELAS X SMAN 1 MERANGIN. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 84–94. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.219

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.