Analisis Bentuk Interaksi Sosial pada Pembelajaran Outdoor di Sekolah Dasar

Authors

  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Arwan Wiratman Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nayunda Dwi Jayanti Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i2.726

Keywords:

Social Interaction in Education, Outdoor Learning Dynamics, Student-Teacher Interaction, Elementary Education Practices

Abstract

This study aims to analyze the form of social interaction between students and students in outdoor learning at State Elementary School 11 Dangerakko to find out the form of social interaction between students and teachers in outdoor learning at Sekolah SD Negeri 11 Dangerakko to find out the supporting factors of social interaction between students and teachers with students in outdoor learning at State Elementary School 11 Dangerakko. This research will be carried out in 2023, with the subject being students of S.D.N. 11 Dangerakko. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and verification. This study shows that the analysis of student interaction with students in outdoor learning is very good, and student interaction with teachers is very good and smooth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 23. Kepercayaan Diri Siswa pada Konsep Asam Basa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.324

Asrifah, Zuida, Outing Class, Menciptakan Petualangan Baru dalam Belajar, 20 Juni 2021 https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-g

Faisal, Safanah, Format – Format Penelitian Sosial (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003), 20.

Helaluddin dan Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik, (Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019), 123.

Harahap, Siti Rahma, “Proses Interaksi Sosial di Tengah Pandemi Virus Covid 19.” AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya, Vol. 11 No. 1 2020 Hal. 45 https://journal.iainlangsa.ac.id

Helaluddin dan Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik, (Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019), 123.

Matuzahroh, Ini’, dan Susanti Prasetyaningrum, Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi (Malang: Univerrsitas Muhammadiyah Malang, 2018), 3.

Mekarisce, Arnild Augina, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, Vol.12 No.3 2020, Hal.150. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nasir, Muhammad, Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985), 67.

Nasution, Nirmala Sari, “Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem dan Penanaman Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa Smp Negeri 1 Labuhan Deli.” Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol. 6 No. 1 2020 Hal. 18 https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.285

Pratiwi, Nike, dan Prihatin Sulistyowatin, “Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Tematik Subtema Merawat Tumbuhan kelas II di SDN Tawangrejeni 03.” Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA Vol. 4 No. 1 2020 Hal 352-360 https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/494

Prihadi, Adhitya dkk, “min pada Penerapan Model Outdoor Learning Terhadap Motivasi Mahasiswa Geografi Ikip Pgri Pontianak.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Vol. 6 No. 1 2021 Hal. 2 https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2097

Ramadhani, Wulan Suci, “Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Process (Olp) Melalui Pemanfaatan Taman Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp.” PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS Vol. 4 No. 3 2019 Hal 1-7 https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/2/article/view/15312

Ridwan, Muannif dkk, “Pentingnya Penerapan Literature Reviewpada Penelitian Ilmiah.” Jurnal MASOHI, Vol.2 No.1 2021, Hal.43. https://www.journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/427

Rijali, Ahmad, “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 2018. Hal.91. https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Seran, Wolfgang Asindo, Dwiyono Hari Utomo, dan Budi Handoyo, “Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conferenceter hadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 Hal. 143 http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157

Setiawati, Esti dkk, “Efektivitas Pembelajaran Outdoor Learning Process Terhadap Peningkatan Kerja Sama, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 10 No. 1 2023 Hal. 1016 https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6477

Setiawati, Esti dkk, “Efektivitas Pembelajaran Outdoor Learning Process Terhadap Peningkatan Kerja Sama, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 10 No. 1 2023 Hal. 1016 https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6477

Sugiono, Metode Penelitian Manajemen (Bandung: Alfabeta, 2006), 347.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018), 9.

Suriani, Elma, dan Rika Oktaviani, Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data. 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/3w6qs

Susilawati, Siti Azizah, dan Salma Lutfiani Sochiba, “Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi:Systematic review.” Jurnal Pendidikan Geograf Vol. 27 No. 1 Hal. 52 http://dx.doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62

Taqwan, Saleh Haji Budi. "Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smp negeri 05 seluma." Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4.1 (2019): 10-18

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Nursyamsi, N., Wiratman, A. ., & Jayanti, N. D. (2024). Analisis Bentuk Interaksi Sosial pada Pembelajaran Outdoor di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2). https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i2.726