PENERAPAN TEKNIK ECOPRINT SEBAGAI MEDIA PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS SISWA PAUD KELOMPOK A
DOI:
https://doi.org/10.54069/atthiflah.v10i1.316Keywords:
Ecoprint, Fine Motoric PhysicsAbstract
One of the activities that trains the physical development of fine motor skills in children is tracing. In its application, tracing still uses conventional methods which are less attractive to children, so more innovative learning media are needed. The ecoprint technique is a technique for tracing on cloth that can be used as a learning medium. The purpose of this study was to find out how the ecoprint technique was applied as a medium for the physical development of group A's fine motor skills. This study used a qualitative method with a descriptive approach. Primary data sources in this study were observations of the implementation of activities and results of interviews with group A teachers. Meanwhile, secondary data sources came from school documents and archives. The collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses the qualitative data analysis model of Miles and Huberman. The results of the study showed that the application of the ecoprint technique could assist in training the fine motor physical development of group A. This indicated that the ecoprint technique could be used as an alternative to tracing.
Downloads
References
Afifuddin & Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.
Agnaita. “Perkembangan Fisik Motorik Anak 4 – 5 Tahun Pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak).” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. 3, no. 2, (Desember 2017).
Andry, V & Yaswinda, ‘Pengembangan Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Pelita PAUD, 1, no.1, (Desember 2021).
Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aulina, Choirun Nisak. Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Sidoarjo: Umsida Press. 2017.
Beal dan Miller. Rahasia Mengajarkan Seni pada Anak. Yogyakarta: Prison books, 2003.
Diana, Nirva dan Mesiona. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet. 1. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Halimah. “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Permainan Menjiplak Menjadi Gambar Usia 5 – 6 Tahun di TKQ An-Nur”. Skripsi. Jakarta: Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran, 2019.
Hanita. “Fase Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Kajian Al-Quran dan Hadist”. Jurnal Edukasi AUD. 6. No. 1, (Juli 2020).
Hasanah, Uswatun. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak. 5, no.1, (Juni 2016).
Humairoh, Roza Kuni. “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menjiplak Pada Anak Kelompok A1 di TK Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Jember: Universitas Jember, 2017.
Kartini Kartono. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: CV Mandar, 1990.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
Khadijah dan Nurul Amelia. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Cet. 1. Jakarta: Kencana, 2020.
Kustianig. “Pengaruh Gender dan Lingkungan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SDN Tunggulwulung 1 Malang.” Al-Nahdiah: Jurnal Pendidikan Islam. 1, no. 2, (Desember, 2021).
Lutan. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori, dan Metode. Jakarta: Depdiknas, 1988.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. 36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Mukaromah, Yuliana Haj. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjiplak Pada Anak Kelas I di SD Negeri 9 Terangun.”, Jurnal Pendidikan Anak. 4, no.2 (Desember 2015).
Mulyadi, Mohammad. “Riset Desain dalam Metodologi Penelitian.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 16, no.1, (Mei, 2012).
Opan Arifudin, et al. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet. 1. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.
Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1, no. 1, (2017).
Prathiwi, Shin, Siti Wahyuningsih, dan Siti Ismiyati. “Penerapan Kegiatan Menjiplak (Tracing) untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Halus pada Kelompok Dahlia TK Arrohmah Josroyo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Anak. 1, no. 1, (2015).
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal UIN Antasari Banjarmasin. 17, no. 33, (Juni, 2018).
Saraswati, Ratna, et al., Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Cet. 1. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia, 2019.
Sedjati, Djandjang Purwo dan Vincentia Tunjung Sari. “Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil.” Jurnal Seni Kriya. 8, no. 1, (Juli 2019).
Soesilo, Tritjahjo Danny, et al. Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Semarang: Satya Wacana University Press, 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 23. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sujiono, Bambang. Metode Pengembangan Fisik. Cet. 1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet. 8. Jakarta: PT Indeks, 2013.
Sukamti, Endang Rini. Perkembangan Motorik. Cet. 1. Yogyakarta: UNY Press, 2018.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Suryana, Dadan dan Nenny Mahyudin. Dasar-Dasar Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Cet. 1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Cet. 1. Padang: UNP Press Padang, 2013.
Susanti, Siti, Misra Henny, dan Marwah. “Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Ecoprint di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5, no. 2, (Februari 2021), 1989.
Wahya. Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang kata Imprint Kawan Pustaka, 2013.
Wahyuni, Lingga, et al. “Penggunaan Metode Menjiplak dengan Media Daun Pepaya dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sekayu Tahun 2019.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2, no. 2, (September 2019), 1-11.
Wahyuningsih, Sri. Metode Penelitian Studi Kasus. Madura: UTM Press, 2013.
Wirawan, Bayu & Alvin. “Teknik Pewarnaan Alam Ecoprint Daun Ubi dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas, dan Tunjung.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kota Pekalongan. 17, no.1, (Juni 2019), 1-5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riyadlotus Sholichah, Endang Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.