EFEKTIFITAS PROGRAM TAMBAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS AL MUCHLISIN

Authors

  • Nina Nuriyah Ma’arif Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa, Gresik
  • Wahyu Safarina STAI Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v9i2.264

Keywords:

Program tambahan, anak usia dini, kemampuan membaca

Abstract

This article aims to examine the effectiveness of the additional class program in improving group B grade students' early reading skills at Islamic Kindergarten Plus Al Muchlisin in Gresik city, as well as its influence factors. Using a descriptive qualitative approach, the findings illustrate that the additional program is quite effective in improving the ability to read in early childhood students. The evidence is that all students (20 children) who are involved in this program are able to "develop according to expectations (BSH)". In this regard, this additional program is carried out through beginning reading lesson activities, scheduling the time for the implementation of early reading lessons, and conducting the evaluation process as well. The factors that encourage the effectiveness of the additional class program in flourishing group B grade students' reading skills at Islamic Kindergarten Plus Al Muchlisin, include the motivational spirit of the students themselves, the enthusiasm of students' interest in learning to read, and fully support from parents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Prof. Dr. MA, 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo. Persada.

Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Akhadiah Sabarti. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Amanda Tasya. 2008. Indonesia dan ASI. http://aimiasi.org/2008/08/indonesiadanasi/. 24 Mei 2021, Pukul. 10.33 WIB

Bachtiar Bachri, 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak (Teknik & Prosedurnya). Jakarta: Depdiknas.

Conny Semiawan, 1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, Jakarta: Depdikbud.

Daeng Sari dan Dini P. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2003.

Elizabeth B. Hurlock, 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Esny Baroroh, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu KataBergambar Pada Kelompok B Di TK PKK Marsudisiwi Gunungkelir Pleret Bantul” (Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, 2017)

Farida Rahim, 2011. Pengajaran Membaca Disekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid Pattilima, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Martini Jamaris, 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Grasindo Anggota IKAPI.

Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Mohammad Fauzil Admin, 2004. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Misan Pustaka.

Mohammad Zain dan Badudu, 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Moh. Hariyadi, 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Moleong, Lexy J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan : Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurbiana Dhieni dkk. 2018. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Malang Press.

Nurhadi, 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Poerwadarminta. 2006. Kesejahteraan dan Kemakmuran Kelima. Jakarta: Bina Aksara.

Rita Eka Izzaty, dkk, 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosmala Dewi, 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Soetjiningsih. 2010. Bahan Ajar:Tumbuh Kembang Remaja dan. Permasalahannya. Jakarta: Sagung seto.

Soemiarti Padmonodewo, 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofia Hartati, 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suharsimi Arikunto. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sujiono. 2012. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sumantri. 2015. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Sumardi. 2012.“Bagaimana Menciptakan Cerita Anak yang Unggul” dalam Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung: Nuansa.

Sunarto. 2012. Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi,. Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, dkk. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Syamsu Yusuf, 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan. 1979. Pusat pembinaan dan pengembangan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 2015. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wibowo, 2013. Agus. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC. American Academy of Pediatrics.

Yeni Rahmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yeni Rahmawati dan Euis Kurniati, 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulia Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Grup

Downloads

Published

2022-09-10

How to Cite

Nina Nuriyah Ma’arif, & Safarina, W. (2022). EFEKTIFITAS PROGRAM TAMBAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS AL MUCHLISIN. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v9i2.264

Issue

Section

Articles