Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad melalui Media Kartu Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK An-Nur GCC, Kecamatan Cikarang Utara

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Terbuka,Tangerang Selatan
  • Titi Chandrawati Universitas Terbuka,Tangerang Selatan
  • Untung Laksana Budi Universitas Terbuka,Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v12i1.941

Abstract

Media berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran. Keterbatasan kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf-huruf alfabet menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Sehingga dapat diambil rumusan masalah apakah penggunaan kartu huruf dapat meningkatkan pemahaman huruf abjad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf-huruf alfabet menggunakan kartu huruf. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun 2024, dengan sampel sebanyak 10 anak kelompok A TK An-Nur GCC. Taman kanak-kanak ini terletak di Perumahan Grand Cikarang City yaitu Blok D 10 No 1, Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik untuk meneliti kertas kerja siswa, daftar nilai, dan lembar observasi. Temuan penelitian dari setiap siklus secara konsisten menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan pengenalan huruf mengalami kemajuan dari kondisi awal pada siklus 1 ke siklus 2 di semua aspek. Dari segi menunjukkan huruf, kondisi aslinya memiliki persentase 30%, kemudian naik menjadi 60% pada siklus 1 dan kemudian meningkat menjadi 90% pada siklus 2. Mengenai menulis huruf, proporsi awal adalah 30%, yang selanjutnya meningkat menjadi 50% pada siklus 1 dan selanjutnya meningkat menjadi 80% pada siklus 2. Mengenai pengucapan bunyi huruf, kondisi awal memiliki persentase sebesar 30%, kemudian meningkat menjadi 60% pada siklus 1 dan selanjutnya meningkat menjadi 90% pada siklus 1. siklus 2. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa permainan dengan menggunakan kartu huruf berpotensi meningkatkan bakat pengenalan huruf pada anak.

Kata Kunci : Kemampuan Mengenal huruf Abjad, Kartu Huruf, Anak Usia 4-5 Tahun

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Wahyuni, S., Chandrawati, T., & Laksana Budi, U. . (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad melalui Media Kartu Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK An-Nur GCC, Kecamatan Cikarang Utara . Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 12(1), 39–52. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v12i1.941

Issue

Section

Articles