PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCOCOK PADA ANAK DI TK JOYKIDS NATIONAL PLUS
DOI:
https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.734Keywords:
early childhood; fine motor skills; matching activitiesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mencocok di TK Joykids National Plus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang terdiri dari 2 (dua) siklus. etiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa kegiatan mencocok dapat meningkatkan keterampilan motorik halus di TK Joykids National Plus. Hal ini dibuktikan dengan terjadi peningkatan kempampuan memncocok. Pada Siklus I hanya terdappat 30% Peserta didik yang mampu mencocok, sedangkan pada Siklus II terdapat 75% peserta didik yang mampu mencocok. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan kegiatan mencocok untuk meningkatkan motoric halus. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka diharapkan guru membuat gambar yang mudah, sedang, dan sulit untuk kegiatan mencocok.Downloads
References
Andayani, Surip. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Harapan Soborejo Pringsurat Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.” Pena Edukasia 1, no. 1 (November 20, 2022): 65–72. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.24.
Anggraeni, Anastasia Dewi, and Siti Nurani. “Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Guru-Guru Sekolah Yayasan Kholifah Masa Depan Depok.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 03 (December 14, 2018): 199. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2578.
Hayati, Yanti Nur. “Implikasi Pencegahan Penularan Corona Melalui Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Genius 1, no. 2 (December 28, 2020): 124–40. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.16.
Husnawati, Husnawati, and Sri Watini. “Implementasi Model ATIK Untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (March 16, 2022): 915–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504.
Indar Rahman, Khofifah, and Khadijah Khadijah. “Optimalisasi Perkembangan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.” Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (July 17, 2023): 429–37. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.238.
Mulyawati, Susi, Agustina Rahayu, Muthi’ah Jihadillah Saepurohman, and Sri Watini. “Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Mencocok Pola Gambar Di Taman Kanak-Kanak.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 6 (June 1, 2023): 3758–66. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2090.
Nurjanah, Siti, and Srifariyati. “IMPLEMENTASI MEDIA KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK.” Al-Athfal 3, no. 1 (June 21, 2022): 38–54. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v3i1.520.
Rosnida, Rosnida. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Busa Geometri Di Taman Kanak-Kanak Sejati Ketaping Batang Anai Kab. Padang Pariaman.” Journal on Teacher Education 1, no. 1 (February 18, 2020): 57–69. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.505.
Sari, Sridewi Kartika, Izzati Izzati, and Syahrul Ismet. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 1 (March 5, 2021): 149–55. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.275.
Tumirah, Tumirah. “Upaya Pengenalan Huruf Menggunakan Metode SAL Pada Siswa Kelas Nol Besar Di TK Dahlia Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.” ANWARUL 2, no. 4 (August 30, 2022): 391–406. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i4.718.
Weu, Gregorius, Finsensius Mbabho, and Maria Finsensia Ansel. “IMPLIKASI TEORI EMPIRISME DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4, no. 1 (March 31, 2023): 471–76. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.848.
Yuli, Yuli Umro’atin. “Analisis Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di Desa Ngabar Siman Ponorogo.” Taqorrub: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah 3, no. 1 (June 18, 2022): 64–78. https://doi.org/10.55380/taqorrub.v3i1.182
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rika Aprianti, Florence Tworedo Ervina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.