STRATEGI MENINGKATKAN PENGENALAN MEMBACA ANAK USIA DINI (AUD) DENGAN METODE ANAK HEBAT (AHE)

Authors

  • Ubaidillah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik
  • Listianah Listianah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.708

Keywords:

Strategies to Improve AUD Reading Recognition, Great Child Method (AHE)

Abstract

This research is motivated by the background that there are still Early Childhood (AUD) who are difficult to recognize letters so that they have low reading skills, this worries some parents who want the best education for their children, Regarding this the AHE reading method provides solutions to several parental problems for the educational needs of their children, providing a reading introduction strategy using the Great Child (AHE) method. AHE is one of the many reading methods that provide some surefire step strategies to guide children in reading learning activities. In the AHE method, there are 6 strategies for the learning process steps. The 6 steps are brain gymnastics, remidi, reading modules, enrichment, writing and the last is games

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdar Djamaluddin dan Wardana, 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media.

Barbara R. Foorman and others, The Impact of Instructional Practices in Grades 1 and 2 on Reading and Spelling Achievement in High Poverty Schools, Contemporary Educational Psychology, 31.1 2006, 1–29.

Choirun Nisak Aulina. 2012. “Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun” Jurnal Pedagogia, vol 1 nomor 2.

Cindy Stefanny Putri Ariyanto, dkk., “Pengembangan Buku Ajar Ba-Ca Berbasis Metode Ahe UntukKelas I Sekolah Dasar,” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 7, No. 3 (Mei 2021), 1176.

DP Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca Tekhnik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa Bandung.

Farida Rahim. 2005. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamid Patilima. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Alfabeta.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Hana Sudjana dan Ahmad Rifa?I. 2002 Media Pengajaran. Bandung: Sinar Algesindo Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Prenadamedia Grup.

Iskandarwarssid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kania Mandala dan Elsa Efrina, “Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM); Alternatif UntukMeningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Dyslexia,” Jurnal Pakar Pendidikan, Vol. 17, No. 2 (Juli2019)

Lexy J. Moloeng. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

M. Hariwijaya & Atik sustiwi, 2008. 1001 Pendekatan Multiple Intelligence Anak Prasekolah, Yogyakarta: Plmatera-publishing.

M. Hubberman. 2020. Analisis Data Kualitatif . Jakarta : UI PRESS.

M. Jamhuri, “Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an SiswaDi SMK Dewantoro Purwosari,” Al-Murabbi, Vol. 1, No. 2 (2016), 207.

Menteri Pendidikan Nasional, 2009. Peraturan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia Nomor 58 tentang Standar Pendidikan AnakUsia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyono, 2012. Abdurrahman. Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Reneka Cipta.

Novi Rusmini, Nenden Sundari, dan Yayah Churiyah, 2006. Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar Teori dan Pengajarannya, Bandung:UPI Press, Cet.I, h. 1.23.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Rohmad Suphianto & Alfiatun Nikmatillah. 2006. Panduan Mengajar Les Baca Anak Hebat. Sukoharjo: Anak Hebat.

Rohmad Suphianto & Alifatun Nikmatillah, Jaringan Nasional Anak Hebat JANNAH (Kartosuro: KEMENHUKHAM RI NO. IDM 000330997, 2006), 6.

Rohmad Suphianto & Alifatun Nikmatillah, Jaringan Nasional Anak Hebat JANNAH (Kartosuro:

KEMENHUKHAM RI NO. IDM 000330997, 2006), 6.

Rohmad Suphianto.“Keunggulan AHE”.https://kemitraanahe.my.id/ (diakses pada 05 Januari 2024, pukul 12.49).

Samsu Somadaya. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogayakarta: Graha Ilmu.

Sudjana Nana. 2002. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suparlan Suhartno. 2008. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Az-RuzzMedia.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi,dkk. 2013. Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Tarigan. 2008. Membaca sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 2015. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yarmi, G., & Widyastuti, R., 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Komputer Pada Siswa Kelas I di SDN Kalibata 03 Pagi Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar,1(2), 87-98Yusuf, Syamsu. 2017. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yus, Anita. Model Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Prenadamedia Grup, 2014)

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ubaidillah, & Listianah, L. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN PENGENALAN MEMBACA ANAK USIA DINI (AUD) DENGAN METODE ANAK HEBAT (AHE). Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 195–206. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.708

Issue

Section

Articles