PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI DI LAYAR TELEVISI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Moh Syamsi STAI Daruttaqwa Gresik
  • Nur Khamim STAI Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v9i2.265

Keywords:

Pendidikan Karakter melalui film animasi

Abstract

Education has the function of developing cultural values and past achievements into national cultural values in accordance with present and future life and developing new achievements that become the new character of the nation. Education also plays an important role in ensuring the survival of the nation and state. Handling character in the family, of course, the role of parents is very large to realize the creation of good child character. Character education in the family and community environment can be done by introducing literary works such as films, fairy tale stories and novels.  In this study, the type of research used was Library Research, using qualitative research methods with a phenomenological approach to describe the values of character education in a work of art in the form of an animated children's series on television.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 3 (2). 2020.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta : Rineka. 1980)

Arin Wahyuni, dkk. Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng dan Pendampingan Anak di Rumah Dongeng Kinciria. Waskita 3 (2). 2019.

Bejo, Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. (Jakarta : Bumi Aksara. 2005)

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.(Jakarta : Depdiknas. 2003)

Falih. Ashadi , Akhlak Membentuk Pribadi Muslim. (Semarang : Aneka Ilmu. 1987).

Ibnu Sudrajat. Upaya Meningkatkan Sikap Bersahabat dan Prestasi Belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan di Indonesia Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantu Media Video di Kelas V Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2016

J. W. Creswell. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar. 2010).

Kamila, Mila, Urgensi Pembentukan Karakter Peduli Sosial Sejak Usia Dini. Universitas PGRI Semarang. 2016. http:Prosoding.Upgris.ac.id/index.php/fip-2016/fip-2016/paper/view/1596/1551

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Jakarta : Pusat Bahasa. 2008).

Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa : Pedoman Sekolah. (Jakarta : Puskur Balitbang Kemendiknas. 2010).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pendidikan Orang Tua : Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak. (Jakarta : Kemendikbud. 2016) h. 1-40

Kesuma, Dharma , dkk. Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. (Bandung : Rosda. 2013).

Kuswarno. Engkus, Penelitian Komunikasi Fenomenologi. (Bandung : Widya Padjajaran. 2013).

M. Yaumi. Pendidikan Krakter : Landasar, Pilar dan Implementasi. (Jakarta : Perdana Media Group. 2014)

Mustari. Mohammad, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. (Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2014) h. 43

Najib, Muhammad, Dkk,. Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. (Yogyakarta : Gava Media. 2016)

Shihab, M. Quraisy, Tafsir Al-Misbah. (Jakarta : Lentera Hati. 2002) Volume 5

Sigit Dwi K. Pentingnya Pendidikan Moral bagi Anak Sekolah Dasar. (Jakarta : Dinamika Pendidikan. 2007)

Utami Munandar. Pengembangan Krativitas Anak Berbakat. (Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2004)

Downloads

Published

2022-09-10

How to Cite

Syamsi, M., & Khamim, N. (2022). PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI DI LAYAR TELEVISI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 9(2), 13–25. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v9i2.265

Issue

Section

Articles