MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PLETOKAN PADA KELOMPOK B TKM NU 169 KHUBBUL WATHON CERME GRESIK

Authors

  • Nina Nuriyah Ma'arif STAI Daruttaqwa Gresik
  • Mulyati STAI Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i2.155

Abstract

Physical motor is one of the areas of development in early childhood education. Pletokan game is one of the games associated with the process of physical motor development. This study discusses the effectiveness of traditional pletokan games in improving the gross motor skills of children in group B at TKM NU 169 Khubbul Wathon Cerme Gresik. Using the classroom action research (CAR) method, the results have revealed that the role of pletokan game in developing gross motor skills of children in Group B TKM NU 169 Khubbul Wathon Cerme Gresik is regarded succesful. It can be seen from the observation sheet for gross motor skills that traditional game of pletokan in the first cycle (61%) and in the second cycle (86%). Additionally, the children's playing ability is very good, that is 0% in the first cycle, then increase to 57.1% in the second cycle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Sujiono dkk. 2009. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, B.E. 2000. Perkembangan Anak. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Iswinarti. 2017. Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kurniati E. 2016. Permainan Tradisonal dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kusumawati O. Pengaruh Permainan Tradisonal Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 4 No. 2. Tahun 2017

Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek. Muslih.

Moh. Hariyadi. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani N. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Mulyani S. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Legansari Publishing.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nurhayati, I. Peran Permainan Tradisonal Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment Vol. 1 No. 2, 2012.

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. Permainan Tradisional sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Psikologi Jambi, Volume 2, No 2. 2017

Semiawan C. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, Dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujiono, Bambang. 2007. Metode Pengembangan Fisik (Edisi Revisi). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukamti, Endang Rini. 2007. Perkembangan Motorik. Yogjakarta: UNY.

Sukintaka. 2001. Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Wahidmurni, Nur Ali. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM PRESS.

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Yanuar. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Nuriyah Ma’arif, N., & Mulyati. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PLETOKAN PADA KELOMPOK B TKM NU 169 KHUBBUL WATHON CERME GRESIK. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 111–120. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i2.155