Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dikelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Clarifta Nur Wahidah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.614

Keywords:

Cooperative Learning, Liveliness, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengatasi masalah tingkat keaktifan belajar peserta didik yang rendah di antara peserta didik selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dikelas IV SD Negeri Mangunsari 02. Tahapan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) meliputi: (1) penyajian kelas, (2) pembentukan kelompok (team), (3) pelaksanaan permainan (games), (4) kompetisi (tournament), dan (5) penghargaan kelompok (team recognition). Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengadopsi model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Terdapat dua siklua dalam penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 12 peserta didik, terdiri dari 7 peserta didik perempuan dan 5 peserta didik laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri Mangunsari 02 Kota Salatiga. Tingkat keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 17% pada tahap pra siklu menjadi 53% pada siklus I, dan kemudian mengalami peningkatan lebih lanjut hingga 83% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 69. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.188

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azkatulfauzah, M., Pendidikan, J., Guru, P., & Dahlan, U. A. (n.d.). MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 1 BUMIREJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT).

Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.6

Chandra, P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Di MTs Al-Quraniyah Bengkulu. At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(01), 1. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1163

Falah, N. A. (2018). Peningkatan Keatifan belajan PKN Siswa Kelas V SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Firmansyah, C., Ubaidillah, U., & Busriyanti, B. (2023). Design of The “Merdeka Belajar” Program for Students of High School Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.328

Fitria, A., Nurlaela, E., & Prajabatan, P. (n.d.). Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Fitria, A., Suryadi, & Nurlaela, E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Group Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Garba, M. D., & Uthman, Y. O. O.-O. (2023). The Covid 19 And The Likes Of Possible Pandemic: An Islamic Way To Earnest Prophylaxis. Dirasah: International Journal of Islamic Studies, 1(1), Art. 1.

Hidayati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. SOSEARCH?: Social Science Educational Research, 1(1). https://doi.org/10.26740/sosearch.v1n1.p39-45

Khoiruddin, K., Salminawati, & Usiono, U. (2023). Kepribadian Pendidik Muslim Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.333

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. Jurnal IlmiahBiologi.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (A. S. Wardan, Ed.). Remaja Rosdakarya.

Nurkhasanah, U., Barnoto, B., Hasan, M. S., & Ashari, A. (2023). Madrasa Principal’s Strategy in Improving the Quality of the Pandemic Era Learning Process at Madrasah Aliyah. Dirasah: International Journal of Islamic Studies, 1(1), Art. 1.

Saputra, N. A. G., & Sridiyatmiko, G. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (Tgt) pada Siswa Kelas IV SD N Sumberwungu 1 Kepanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 319–325. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.396

Sechandini, R. A., Ratna, R. D., Zakariyah, Z., & Na’imah, F. U. (2023). Multicultural-Based Learning of Islamic Religious Education for the Development of Students’ Social Attitudes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.27

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (R. KR, Ed.). Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning:teori, riset dan praktik (Zubaedi, Ed.). Nusamedia.

Sri Widyastuti, N. (n.d.). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI KOTAGEDE 3.

Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ISSN Cetak?: 2477-2143 ISSN Online?: 2548-6950 Volume 09 Nomor 01, Juni 2023 1018 Belajarmatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Matematika.

Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV.

Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V dengan Menggunakan Model TGT. Jurnal Pendidikan Guru, 4.

Zuhri, S. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Bersikap dan Berperilaku Jujur melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD …. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, I(November).

ZUMROTI, N. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TENTANG PEMAHAMAN ISI BACAAN TEKS REPORT MELALUI TGT. LANGUAGE?: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.51878/language.v2i2.1318

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Nur Wahidah, C., & Kristin, F. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dikelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 378–388. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.614