Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.545Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Anak Sekolah Dasar, Kecerdasan SosialAbstract
Pola asuh orang tua dalam membimbing dan mengarahkan anak akan sangat berpengaruh kepada karakter kecerdasan sosial anak. Namun, masih banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya pola asuh anak dengan benar dan tepat. Pola asuh anak yang tepat akan membentuk karakter anak yang baik, begitu pula sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pola asuh yang baik maka akan memiliki karakter yang buruk. Maka, pola asuh orang tua terhadap anaknya memiliki dampak yang besar terhadap kecerdasan sosial bagi anak. Tujuan penelitian ini dilakukan supaya para orang tua bisa membenahi cara mendidik anak nya dengan pola asuh yang benar agar dapat membentuk karakter yang baik dan memiliki kecerdasan sosial yang bagus. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif analisis. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdapat di Kelurahan Cakung Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposeful sampling. Sampel yang peneliti dapatkan sesuai dengan kriteria tersebut sebanyak 8 informan. Dari hasil penelitian observasi dan wawancara terhadap Ibu dan Anak di Kelurahan Cakung Timur, maka diperoleh 1 orang menerapkan pola asuh otoriter, 2 orang pola asuh permisif, dan 5 orang pola asuh demokratis. Dari 8 anak tersebut 1 anak memiliki sikap yang tidak percaya diri, pemalu, pendiam, dan tidak suka bergaul. 2 anak memiliki sikap agresif dan sulit dikendalikan, dan 5 siswa yang memiliki sikap sosial yang baik, ramah, sopan, dan santun. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua mempengaruhi kecerdasan sosial pada anak sekolah dasar.
Downloads
References
Arifin, M., Rofiq, A., & Aliani, S. O. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient) Dan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Terhadap Pembentukan Karakter Religius. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.3
Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98
Asy’ari, H., & Indri M, D. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Implementasi Program Keagamaan Anak Usia Dini Pada Kb-Tk an-Nisa Krian Sidoarjo. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 3(1), 103–120. https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.1.103-120
Berger, P. L., & Luckmann, T. (1967). The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. Anchor.
Ernawati, I. H., Djamal, M., & Ihtiari, D. A. T. (2022). Pola Asuh Kakek Nenek dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Maarif NU Brunosari. As-Sibyan, 4(2), 163–181. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.242
Fawzi, T., & Dodi, L. (2022). Aspek Perkembangan Manajemen Pembelajaran Active Learning, Paikem Pada Kelas Unggulan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64–75. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.247
Fleckman, J. M., Scholer, S. J., Branco, N., & Taylor, C. A. (2021). Educating Parents About Corporal Punishment and Effective Discipline: Pediatricians’ Preparedness, Motivation, and Barriers. Academic Pediatrics, 21(1), 149–157. https://doi.org/10.1016/j.acap.2020.05.028
Hariyani, I. T., & Pratama, B. D. (2022). Tingkat Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Lentera Anak, 03(01).
Hasanah, M. (2021). The Role of Parents in Children Memorizing the Qur’an in Middle School Based on the Amanatul Ummah Islamic Boarding School. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 139–156. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.43
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Ica, S., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(5), 2–15. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15310
Ilmanto, A. H., Fahyuni, E. F., & Harahap, A. (2021). The Problems of Online Learning: The Role of Parents During The Covid-19 Pandemic. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 284–293. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1471
Irzalinda, V., Sofia, A., & Lestari, E. A. (2022). Pentingnya Kelekatan Ibu dalam Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5 – 6 Tahun. JPA: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).
Jumiati, J., & Kartiko, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Kinerja Guru. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 32–44.
Khamim, N. (2021). Upaya Masyarakat Dalam Membentuk Lingkungan Bersih Dan Implikasinya Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Anak Di Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 90–100. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i2.153
Kholifah, K. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional AUD TK Muslimat NU 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61–75. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24446
Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77.
Kurniawati Husada, A. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.160
Ma`arif, M. A., & Kartiko, A. (2018). Fenomenologi Hukuman di Pesantren: Analisis Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 181–196. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.1862
Maarif, M. A., Rofiq, M. H., & Nabila, N. S. (2020). Pendidikan Pesantren Berbasis Multiple Intellegences (Kecerdasan Majemuk). Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.1
Manullang, R. A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, 15(3).
Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa.
Mukaromah, F. S., Khilmiyah, A., & Fauzan, A. (2020). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembentukan Kecerdasan Sosial di Kalangan Remaja Milenial. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 5(1), 95. https://doi.org/10.29240/jf.v5i1.1366
Murti, S., & Heryanto, H. (2016). Pengaruh Kualitas Interaksi Sosial di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Samarinda). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 253. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.898
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Oktaviani, P., Syahid, A., & Moormann, P. P. (2020). Santri’s Emotional Intelligence and Big Five Personalities on Bullying Behaviors in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 179–192. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9916
Rambe, S. R., & Lubis, L. (2023). Peran Pembimbing dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Asuh di Panti Asuhan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 429–440. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.479
Rianawati, R. (2014). Peran Ibu dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Pandangan Islam. Raheema, 1(1). https://doi.org/10.24260/raheema.v1i1.146
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Sanjiwani, N., & Budisetyani, I. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di SMA Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2). Diambil dari https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/a6eeaa5239cb12b0a30b36a8d1b890f6.pdf
Syahbudin, A., Basir, A., Karim, A., & Barni, M. (2022). The Role of Parents in Family Education on Surah At-Tahrim (Study of Interpretation Maudh?’? li S?rah W?hidah). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 272–283. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.285
Syahrini, A., Tanjung, H. P., & Rahim, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Cibinong Depok. Al-Mujahidah, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v4i1.74
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Taib, B., Bun, Y., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Titahati, F. F. (2019). Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No 1, Maret 2019. 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Itsna Latifatun Nafisah, Danang Dwi Basuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.