Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Dengan Menggunakan Strategi SPPKB
DOI:
https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.292Keywords:
Peningkatan hasil belajar IPS, penelitian Tindakan Kelas (PTK), strategi SPPKB kemampuan berpikirAbstract
Pendidikan adalah suatu langkah kita dalam mendapatkan suatu pengetahuan yang belum kiita ketahui, dan pendidikan adalah suatu cara kita menjalan kehidupan dengan baik.penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa IPS dengan menggunakan Strategi SPPKB yaitu kemampuan berpikir, dan penelitin ini menggunakan proses PTK atau penelitian Tindakan Kelas. Peneliti meneliti 25 orang siswa kelas VI SDN 09 Sungai Cubadak denga fokus penelitian yaitu pengkatan hasil belajar IPS siswa. Dan hasil penelitian menunjukkan pengungkatan hasil belajar pada siswa kelas VI berhasil dengan hasil dari 25 siswa yang ada pada pembelajaran siklus pertama peneliti menemukan 74,92 % siswa memahami materi dan pada siklus ke II siswa mengalami peningkatan hasil belajar hingga 82,04 %, dari 25 siswa hanya 14 orang yang bisa memahami materi pada penelitian siklus I dan peningkatan yang terlihat pada siswa pada Siklus II dari 25 orang 19 orang siswa sudah paham dengan materi yang di sajikan. Sehingga tingkat ketidak tuntasan pada siswa juga menurun yang awalnya 11 orang setara dengan 25,08 % menjadi dengan 18,04 % setara 6 orang saja. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 5 sampai 10 point dibandingkan dengan hasil belajara dari evalusi siklus I. Pada pembelajaran Siklus I dan Siklus II siswa mengalami peningktan Hasil belajar sebanyak 7 % . Dan dalam aktifitas pembelajarannya pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu 26,26 % menjadi 80 %.
Downloads
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.
Agustian, A. B., Endang, U., & SELAMET, S. Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16, 173-188.
Elmawati, E. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas VI SDN 05 Surabayo. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 741-749.
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.13
Febrisma, N. (2013). Upaya meningkatkan kosakata melalui metode bermain peran pada anak tunagrahita ringan (PTK kelas DV di SLB Kartini Batam). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 2-120.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29.
Helwah, D. M., Arisati, K., & Mufidah, N. Z. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354
Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77.
Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20–31.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.
Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156-162.
Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 116-129.
Mudinillah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Inshoot Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Online di Daerah Padang Panjang Pada Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ,
Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2).
Mubarok, M., Nizam, M., & Fitriani, F. (2022). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 1–10.
Nugroho, A. S. (2013). Peningkatkan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Oktavia, Y. (2020). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808-815.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Putra, E. A. (2016). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).
Rahmadani, E., & Hamdany, M. Z. A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368
Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346
Sandria, A., Asy’ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9
Susanti, F., Wulansari, I., Harahap, E. K., & Hamengkubowono, H. (2023). Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.12
Sutarno, S. (2023). Supervision Management in Improving Madrasah Achievement in State Aliyah Madrasas. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.21
Sagita, D. I. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sd Negeri 29 Gajah Sakti Kec. Mandau Kab. Bengkalis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).
Wayanti, W. K. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pai Di Smpn 3 Sawoo Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mardina Hafizah, Yufi Latmini Lasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.