Efektifitas Media Panggung Boneka Dalam Penanaman Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini di Roudlotul Jannah Kebomas Gresik

Authors

  • Nina Nuriyah Ma'arif Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik
  • Rizqi Setyawati Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v20i1.474

Keywords:

Honest character, learning methods, puppet shows, early childhood education

Abstract

Early childhood education is a pivotal period for the development process for their future lives. Therefore, it is also an important period to provide good stimulation to children, including moral values ??and character. This study examines the effectiveness of instilling honest character through puppet stage media for early children aged 3-4 years in the school of Roudlotul Jannah Kebomas Gresik. Using qualitative descriptive research through observation and semi-structured interviews with five teachers and two students' parents, the finding illustrates that the use of puppet stage media is considered to be effective media for instilling honest character in children aged 3-4 years of Playgroup Roudlotul Jannah Kebomas Gresik, namely in a class of 15 students, four students are marked in the category developing very well, eight children are developing according to expectations, and three children were starting to develop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, Cet. XXI, 2002.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajawali Pers, 2013. Asmariani. Konsep Media Pembelajran PAUD. Al-Afkar. V, 2016.

Azzet, Muhaimin. Urgensi Pendidikan karakter Di Indonesia, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014.

Chairilsyah, Daviq. Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini, Riau, 2016.

Chairoh Himmatul “Menanamkan Nilai Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional Gobag Sodor.” Skripsi. Jember: UINKHAS, 2020.

Danim, Sudarwan. “Menjadi Peneliti Kualitatif Menjadi Metodologi, Presentasi dan Publokasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula bidang Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora.” Jurnal penelitian kualitatif, (2002), h. 51.

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.

Hasan, Maemunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva prees, 2013. Irawan, Fety. “Penanaman Karakter Kejujuran Anak Usia Dini.” Skripsi.

Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2014.

Lestari S, Adiyanti MG. “Area konflik Remaja Awal Dengan Orang Tua.” Jurnal Penelitian Humaniora, (2012) h. 131-138.

Lusiana, Ernita. “Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional” Skripsi. Semarang: UIN Semarang, 2012

Meles, Metew B dkk. Analisis Data Kualitafif. Jakarta: UI Press,1993.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Mudhlofir, Ali. Desain Pembelajaran inovatif (Dari Teori ke Praktik). Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Nazipah, Nurul. “Menanamkan Sikap Jujur Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak.” Skripsi. Jambi: UIN Sultan Thaha Saifuddin, 2020.

Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembanagan Anak.

Rahmasari. “Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif.” jurnal riset metodologi kualitatif, (2017) H, 89.

Salamah, Zainiyati, husniyatuz. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Konsep Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (2017) h, 62.

Sidiq, Syafridhin. Pengertian Panggung. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2002. Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:

CV.Alfabeta, 2014.

Sugiyono. “Teknik Sampling.” , Jurnal metode penelitian, (2016) h. 118. Suhartini, S “Meningkatkan Perkembanagn Kemampuan Berbahasa Dengan

Metode Bercerita dengan Panggung Boneka Anak Usia Dini Kelompok A TK Bina Bunga Bangsa.” Skripsi. Surabaya: UNESA, 2013.

Syukran, M.Pd, Laporan PKM, 2017. Ujianalis, Triwulan, Dinasti, Nur “Penggunaan Media Panggung Boneka Interaktif Untuk Mengembangkan Kemampuan Interaksui Sosial Anak.” Skripsi. Semarang: UNNES, 2017.

Undang-Undang Sisdiknas nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vascani, Shania. Jujur Bukan Hal Sepele, 2011. Walgito, Bimo. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah.

Wibowo, Agus. Manajemen pendidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.

Yakub, Yenni, patriani, 2010, Mengenal aneka kerajinan tangan, kota sungai penuh: Trias Yoga Kasindo.

Zubaedi, 2012, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Zaid Helsinki Putra, Kejujuran Adalah Kunci Kesuksesan, (Sulawesi : Kementrian Agama Republik Indonesia).

Downloads

Published

2024-11-24

How to Cite

Ma’arif, N. N., & Setyawati, R. (2024). Efektifitas Media Panggung Boneka Dalam Penanaman Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini di Roudlotul Jannah Kebomas Gresik. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 71–84. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v20i1.474

Issue

Section

Articles