Implementasi Metode Pembelajaran Qiro’ah Sab’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Terhadap Qiro’ah Masyhuroh di Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang

Authors

  • Muhammad Umar Khamdan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Hanifuddin Mahadun Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.201

Keywords:

Methode, Qiro’ah Sab’ah, Masyhuroh, Syadzah

Abstract

Abstrak

Qiraat Mutawatirah bukanlah hasil ijtihad seseorang, ia adalah wahyu yang diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah melalui perantara Jibril, lalu dibacakannya kepada para sahabat-sahabat ia, kemudian oleh para sahabat ia, secara berantai bacaan itu diajarkan kepada para tabiin melalui talaqqi dan musyafahah yang pada akhirnya diterima oleh para imam muqri’ yang kemudian meletakkan dasar-dasar bacaannya dan kaidah-kaidahnya berdasarkan apa yang telah mereka terima dari para tabiin guru-guru mereka. Oleh karenanya bacaan-bacaan ini lalu dinisbatkan kepada mereka. Qiraah tujuh yang dikenal sekarang memilik sanad bacaan (qiraat)  yang bersambung dengan bacaan Rasulullah Saw. Seluruh qiraah tujuh juga mengambil sanad dari pembesar tabi’in dan sahabat yang ada di zamannya.

Madrasatul Quran, suatu lembaga pesantren yang memelihara dan mempertahankan sistem pengajaran al-quran sampai pada metode Qiraat Sab’ah setelah proses tahfidz al-Quran. Sistem pedidikan dan pengajaran al-Quran yang dibangun oleh pendiri dan pengasuh lembaga tersebut begitu kuat, sehingga sampai saat ini pengajaran qiraat sab’ah tetap berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari, Muhammad Hasyim. 2011. al-Tanbihat al-Wajibat. Jombang: Maktabah Tebuireng.

al-Bukhari, Muhammad ibn Ismail Abu Abdullah. 1987. Sahih Bukhari. Vol 3. Beirut: Dar Ibn Katsir.

al-Qattan, Manna’. 1975. Mabahith fi ‘Ulum al-Qur’an. Riyad: Mansyurat al-‘Asr al-Hadist.

____________.1991. Nuzul al-Quran Al? Sab’ati Ahruf. Cairo: Maktabah Wahbah,

Al Qostholany, Syihabuddin & Abu al-Abbas, Ahmad. 1972. Lathoiful Isyarot li Fununil Qiroat. Mesir: Lajnah Ihya’ al-Turats.

Al-Suyuti, Jalaluddin. t.t. al-Itqon fi Ulum al-Qur’an. Vol 1. Bairut: al-Maktabah al-Tijariyah al-Kubra.

al-Zarkashy, Bard al-Din ibn’Adillah. 1957. al-Burhan fi ‘Ulim al-Qur’an. Vol. 1. Mesir: Dar Ihsya’ al kitab al-Arabiyah.

al-Zarqani, Muhammad ‘Abd al-‘Azim. t.t. Manahil al-Irfan. Vol.1. Mesir: Isa al-Babi al-Halabi wa Shirkah.

Ash-Shiddieqy, M. Hasbi. 1972. Ilmu-ilmu al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang.

Ash-shabuni, Muhammad Ali. 2011. At-tibyan fi Adabi Hamalatil Quran. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiah.

H.A., Abdul Djalal. 1998. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu.

Hude, M. Darwis Ahsin Sakho Muhammad, & Sasa Sunarsa. 2020. Penelusuran Kualitas Dan Kuantitas Sanad Qiraah Sab’ah: Kajian Takhrij Sanad Qiraah Sab’ah. Jurnal Misykat Volume 05, Nomor 01. Jakarta: Pascasarjana IIQ.

Koentjaraningrat. 1982. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Meloeng, Lexy J. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masrokhin, 2018. Aktualisasi Pemikiran dan Kejuangan Hadratyssyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Jombang: Pustaka Tebuireng.

Muttaqin, Moh. Nasrul & Agus Miftakus Surur. 2021. Strategi Pemahaman Maqam Qiro’ah Sab’ah di UKM Kerohanian Iain Kediri, Jurnal Fenomena. Vol. 20 No. 1. Jember: LP2M UIN KHAS.

Smith J. A., Flowers P. & Larkin M. (2009). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington: Sage.

Soelaiman, Holil. (1985). Partisipai Masyarakat Dalam Pembangunan Berencana. Bandung: BSSW

Tim Penyusun. 2003. Buku Panduan Santri. Jombang: MQ Press.

Umam, Muhammad Imamul. 2021. Ahruf Sab’ah dan Qiroat. Jurnal Al-Irfani, Vol: 5, No.1. Lombok Timur: STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang.

Yusup, Bahtian. 2019. Qira’at Al Quran: Studi Khilafiyah Qira’ah Sab’ah. Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir Vol: 04 No. 02. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Khamdan, M. U., & Mahadun, H. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Qiro’ah Sab’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Terhadap Qiro’ah Masyhuroh di Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 17–33. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.201

Issue

Section

Articles